6 Hal yang Harus Dipersiapkan Ketika Berkendara di Musim Hujan

6 Hal yang Harus Dipersiapkan Ketika Berkendara di Musim Hujan

 

Hujan sedang sering mengguyur sejumlah daerah di Indonesia. Hal ini membuat pengendara motor harus mempersiapkan diri agar tetap dapat melanjutkan perjalanan. Persiapan ketika berkendara di musim hujan diperlukan untuk menjaga keselamatan berkendara.

Demmy Firmansyah selaku Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora mengatakan pengguna motor perlu memperhatikan beberapa hal. Mengingat musim hujan dapat membuat jalanan lebih licin, lebih macet, dan pandangan terganggu. Sehingga harus ekstra hati-hati agar dapat selamat selama berkendara.

Demmy menjelaskan pertama pastikan fisik dalam keadaan sehat, karena jika tidak dapat mengganggu fokus berkendara. Lampu-lampu di sepeda motor juga pastikan dalam kondisi berfungsi. Lampu ini dapat membantu pengendara melihat jalan dengan jelas dan dapat terlihat oleh kendaraan lain.

Berkendara Musim Hujan

“Tidak hanya lampu depan namun lampu belakang juga harus berfungsi dengan baik dan normal, terutama saat hujan lebat turun. Dengan adanya lampu belakang yang menyala berfungsi memberikan tanda kepada pengendara lain jika terdapat kendaraan di depannya,” ujar Demmy dalam keterangan tertulis.

   Baca Juga: Honda CB150X Siap Camping, Tertarik Jadikan Inspirasi Modifikasi?

Komponen ban juga dipastikan tidak gundul atau aus, sehingga memiliki daya cengkram dan juga dapat membelah air yang menggenang di jalanan. Berikutnya sistem pengereman juga menjadi komponen yang tidak kalah penting. Pastikan rem berfungsi dengan baik dengan dicek dan dirawat secara rutin.

Berkendara Musim Hujan

Selanjutnya pastikan gaya berkendara saat hujan lebih halus dibandingkan pada saat normal, seperti mengerem, buka, dan tutup gas secara lebih halus. Dengan demikian, sepeda motor akan lebih mudah dikendalikan. Mengingat kondisi hujan memiliki resiko yang jauh lebih tinggi daripada saat kondisi normal.

   Baca Juga: Inspirasi Modifikasi Honda CB150X, Pakai Pelek Jari-Jari

Terakhir menggunakan jas hujan, perangkat yang satu ini dapat membuat pengendara bebas dari basah, dingin, dan menjaga barang bawaan. Namun usahakan gunakan jas hujan model setelan, tidak disarankan menggunakan model ponco. Mengingat model ponco memiliki kemungkinan jas hujan masuk ke bagian rantai atau roda motor.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id