Alasan Jangan Asal Mainkan Gas Saat Menggunakan Motor Matik

Alasan Jangan Asal Mainkan Gas Saat Menggunakan Motor Matik
Minggu, 5 Desember 2021 15:30
Brian

Skuter matik atau kerap disebut skutik merupakan model yang sedang digandrungi oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan kemudahan dalam penggunaannya. Namun terkadang pengguna skutik masih belum memahami pemakaian yang dapat merusak sejumlah komponen pada matiknya.

Endro Sutarno selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) menyebutkan pengguna skutik tidak dapat asal memainkan gas. Terutama pada saat kondisi langsam atau idle, disarankan untuk tidak memainkan gas. Hal ini dapat menyebabkan umur v-belt menjadi lebih pendek dari semestinya.

   Baca Juga: Tips Berkendara Aman dan Anti-Mogok Saat Melintasi Banjir

"Ingat sepeda motor yang Anda gunakan bertransmisi matik, sehingga ketika Anda memainkan tuas gas maka v-belt akan mengencang dan menggerakkan roda belakang. Oleh karena itu, penggunaan fitur Idling Stop System sangat disarankan karena dapat memperpanjang umur v-belt skutik Anda," ujar Endro dalam keterangan tertulis.

CVT Yamaha NMax 155

Endro menyebutkan v-belt merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah skutik. Komponen yang satu ini menjadi kesatuan dari sebuah perangkat CVT. Sehingga jika kinerjanya tidak optimal, maka penggerak roda juga dapat mengurangi performa pada motor.

   Baca Juga: Jangan Asal, Pilih Minyak Rem Sesuai Spesifikasi Sistem Pengereman

V-belt merupakan komponen yang tidak dapat dilihat langsung kondisinya oleh pengendara karena berada di dalam CVT, namun perannya sangat penting dalam menunjang performa skutik kesayangan," pungkas Endro.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.