Alasan Jangan Asal Mainkan Gas Saat Menggunakan Motor Matik

Alasan Jangan Asal Mainkan Gas Saat Menggunakan Motor Matik

 

Skuter matik atau kerap disebut skutik merupakan model yang sedang digandrungi oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan kemudahan dalam penggunaannya. Namun terkadang pengguna skutik masih belum memahami pemakaian yang dapat merusak sejumlah komponen pada matiknya.

Endro Sutarno selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) menyebutkan pengguna skutik tidak dapat asal memainkan gas. Terutama pada saat kondisi langsam atau idle, disarankan untuk tidak memainkan gas. Hal ini dapat menyebabkan umur v-belt menjadi lebih pendek dari semestinya.

   Baca Juga: Tips Berkendara Aman dan Anti-Mogok Saat Melintasi Banjir

"Ingat sepeda motor yang Anda gunakan bertransmisi matik, sehingga ketika Anda memainkan tuas gas maka v-belt akan mengencang dan menggerakkan roda belakang. Oleh karena itu, penggunaan fitur Idling Stop System sangat disarankan karena dapat memperpanjang umur v-belt skutik Anda," ujar Endro dalam keterangan tertulis.

CVT Yamaha NMax 155

Endro menyebutkan v-belt merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah skutik. Komponen yang satu ini menjadi kesatuan dari sebuah perangkat CVT. Sehingga jika kinerjanya tidak optimal, maka penggerak roda juga dapat mengurangi performa pada motor.

   Baca Juga: Jangan Asal, Pilih Minyak Rem Sesuai Spesifikasi Sistem Pengereman

V-belt merupakan komponen yang tidak dapat dilihat langsung kondisinya oleh pengendara karena berada di dalam CVT, namun perannya sangat penting dalam menunjang performa skutik kesayangan," pungkas Endro.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id