Tips Berkendara Aman dan Anti-Mogok Saat Melintasi Banjir

Tips Berkendara Aman dan Anti-Mogok Saat Melintasi Banjir

 

Musim hujan menjadi kendala tersendiri bagi pengendara sepeda motor. Bukan hanya harus mempersiapkan jas hujan, terkadang jalanan yang terendam banjir juga membuat pengendara jadi kebingungan. Namun jika terpaksa harus melewati jalanan banjir, terdapat beberapa tips agar motor tidak mogok.

Hasan Ardiansyah selaku Senior Service Advisor Yamaha FSS Jakarta mengatakan jika terpaksa melewati bajir disarankan untuk mematikan mesin. Selama melewati jalanan yang banjir motor harus dalam keadaan mati, kemudian nyalakan kembali mesin motor setelah selesai melewati banjir. Hal ini menghindari air masuk ke ruang bakar dan agar tidak terjadi water hammer.

   Baca Juga: Jelang Akhir Tahun, Perhatikan Hal-Hal Berikut Sebelum Touring

"Perlu diingat, jika kendaraan terjebak banjir dan ada kendala mati mesin karena air masuk ke saluran knalpot, jangan langsung kembali menghidupkan mesin. Lebih baik dorong terlebih dahulu ke tempat aman, lepas busi dan pastikan tidak ada air di dalam mesin," ujar Hasan dalam keterangan tertulis.

Ilustrasi banjir

"Hal tersebut perlu dilakukan untuk mencegah adanya kerusakan mesin atau bahkan korsleting pada sistem kelistrikan yang dapat membuat kendaraan mengalami kerusakan lebih jauh," lanjut Hasan.

   Baca Juga: Biar Makin Paham, Ini Proses yang Dilakukan Saat Uji Emisi Motor

Di sisi lain Hasan menyarankan jika motor mengalami mati mesin saat melewati banjir harap langsung melakukan pengecekan di bengkel. Hasan menyarankan pengecekan dan perbaikan dilakukan langsung oleh bengkel resmi.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id