Alasan Modifikasi Performa Berpengaruh Terhadap Umur Mesin

Alasan Modifikasi Performa Berpengaruh Terhadap Umur Mesin

 

Modifikasi performa motor menjadi salah satu hal yang kerap dilakukan oleh para pecinta kecepatan. Biasanya modifikasi ini mengubah sejumlah komponen pada mesin, sehingga tenaganya bisa meningkat. Namun jika melakukan modifikasi performa, apakah berpengaruh terhadap umur mesin?

Thomas William selaku Tuner dari Reisen Motoshop mengungkapkan modifikasinya sendiri tidak berpengaruh terhadap umur mesin. Contohnya jika pada modifikasi throttle body down draft, komponen down draft tidak berpengaruh terhadap mesin. Namun peningkatan tenaga yang dihasilkan dari modifikasi itu yang menjadi faktor pengaruh umur mesin.

   Baca Juga: Jangan Asal, Pasang Lampu Kabut Harus Ikuti Aturannya

"Modifikasi down draft tidak berpengaruh terhadap umur mesin, yang berpengaruh terhadap umur mesin adalah karena tenaganya naik. Karena tenaganya naik, artinya usianya akan menjadi lebih pendek," ujar William sapaan akrabnya saat ditemui OtoRider di Grand Galaxy, Bekasi beberapa waktu lalu.

Modifikasi Throttle Bodi Down Draft

William menyebutkan, pabrikan motor telah membangun mesin dengan tenaga yang paling cocok dan teruji ketahanannya. Begitu modifikasi, terdapat komponen yang diperkuat di antara komponen standar. Ketika hal tersebut terjadi, maka komponen standarnya akan lebih lemah.

   Baca Juga: Penyakit Yamaha NMax Bore-up Bikin Motor Sulit Distarter

"Ibaratnya gini, pabrikan sudah bikin motor dengan power tertentu yang sudah diuji beberapa puluh ribu kilometer. Begitu ada komponen yang diperkuat atau kita tingkatkan performanya, berarti ada part lain yang melemah. Karena engga diganti tadi itu sih efeknya, karena sudah naik performa komponen standarnya jadi lemah," pungkasnya.

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id