Cara Aman Berkendara Membawa Barang di Sepeda Motor

Cara Aman Berkendara Membawa Barang di Sepeda Motor

 

Sepeda motor menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia untuk bertransportasi. Tidak hanya sebagai transportasi, tetapi juga sebagai pengangkut barang bawaan atau kebutuhan usaha. Namun sayangnya, banyak yang tidak memperhatikan sisi keamanan saat membawa barang di atas sepeda motor.

Antonius Widiantoro selaku Manager Public Relation & Yamaha Riding Academy (YRA) PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) memberikan sejumlah tips. Menurutnya saat berkendara, pengguna motor harus membawa barang dalam jumlah lebih. Bahkan terkadang harus melebihi kapasitas bagasi dari motor yang digunakan.

"Namun, hal yang tidak boleh dilupakan oleh pengendara adalah faktor keamanan dan keselamatan berkendara, baik bagi pengendara sendiri maupun bagi orang lain. Untuk itu, YRA akan memberikan tips berkendara pada saat harus membawa barang," ujar Anton sapaan akrabnya dalam keterangan tertulis.

Pengendara Mio J Overload

Disebutkan ketika membawa barang bawaan, pengendara perlu memastikan kondisi motor dalam keadaan baik. Kemudian pengemudi perlu mengatur barang bawaan di posisi yang tepat agar tidak mengganggu pengendara dan orang lain. Jika barang cukup besar, atur barang bawaan dengan menggunakan standar tengah agar lebih mudah dan membuat motor lebih rata.

   Baca Juga: Apakah Lampu LED Motor Bisa Rusak? Simak Penyebab dan Cara Mencegahnya

Kemudian sediakan tali pengikat yang lentur dari bahan karet, sehingga membuat ikatan lebih kencang secara maksimal dan tidak mudah bergeser. Barang yang dibawa pun disarankan tidak melebihi stang motor dan tinggi pengendara. Dengan demikian tidak mengganggu manuver kendaraan dan keseimbangan motor.

Yamaha Tricity Dek Bawah

Pembawa barang di atas motor juga harus memastikan panjang bawaan tidak melebihi atau menutupi lampu belakang, sehingga tetap terlihat. Namun jika membawa motor matic, bisa diakali dengan menaruh barang bawaan di bawah jok atau di dek. Dengan ditaruh di atas dek, tentunya lebih mudah dikontrol oleh pengendara.

   Baca Juga: Lampu Indikator MIL pada Motor Berkedip Kurang dari 10 Kali, Apa Artinya?

Selanjutnya jika membawa tas backpack, tentunya harus memperhatikan dimensi tas agar tidak mengganggu. Hindari membawa barang bawaan yang berat bersama penumpang, hal ini akan membuat motor menjadi overload. Terakhir jangan memaksakan membawa barang dalam satu kali perjalanan, jika terlalu banyak barang bisa dibawa dalam beberapa kali perjalanan.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id