Berapa Tinggi Badan Minimal untuk Bisa Naik Motor Off-Road?

Berapa Tinggi Badan Minimal untuk Bisa Naik Motor Off-Road?

 

Motor off-road atau biasa dikenal sebagai motor trail memiliki posisi duduk yang cukup tinggi. Desain ini memang dibuat agar dapat melibas jalanan yang tidak rata, sehingga tidak tersangkut pada bagian tengahnya. Lantas adakah batasan tinggi minimal untuk dapat menunggangi motor off-road?

Johanes Lucky selaku Manager Safety Riding Astra Honda Motor mengatakan dirinya tidak memahami soal tinggi minimal seseorang untuk menaiki motor off-road. Namun menurutnya asalkan kaki dapat menyentuh tanah meskipun harus jinjit hal tersebut sudah cukup. Lucky menyarankan harus kedua kaki yang dapat menyentuh ke tanah.

   Baca Juga: Modifikasi Ringan Royal Enfield Himalayan untuk Taklukan Kutub Selatan

"Sebenarnya kalau dari tingginya itu saya kurang bisa pahami, saya belum bisa bilang untuk berapa tinggi minimal naik motor off-road. Namun yang jelas minimal itu ketika naik di atas motornya, kedua kaki bisa menyentuh tanah. Meskipun kedua kaki yang menyentuh harus jinjit seperti itu ya," ujar Lucky kepada awak media beberapa waktu lalu di Cikarang, Jawa Barat.

Komunitas CRF150L Petualangan di Ciwidey off-road

Menurut Lucky meskipun hanya jinjit, namun kedua kaki dapat menyeimbangkan motor. Dengan demikian, berkendara dengan motor tersebut dapat lebih aman dari terjatuh. Lucky sendiri berpendapat jika tingginya memang kurang, harus mencari motor yang sesuai.

   Baca Juga: Jangan Asal, Lakukan Hal ini Saat Mengganti Oli Mesin!

"Karena kalau sudah bisa menyentuh tanah meskipun jinjit, itu membantu untuk menstabilkan motor. Jadi kalau yang tingginya kurang, mungkin bisa menyesuaikan lagi sama motornya," pungkas Lucky.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id