Berikut Cara Mudah Periksa Kondisi Sekring Motor

Berikut Cara Mudah Periksa Kondisi Sekring Motor
Sabtu, 19 Juni 2021 06:00
Brian

Sekring merupakan perangkat kelistrikan pada sebuah sepeda motor. Perangkat kecil yang satu ini cukup penting karena dipergunakan sebagai pengaman ketika terjadi korsleting. Ketika korsleting terjadi, maka sekring akan putus dengan otomatis dan aliran listrik terhenti.

Cara mengecek kondisi sekring apakah masih dalam keadaan baik atau tidaknya pun cukup mudah. Pada sekring jenis tabung ataupun tancap dapat dilihat dari hubungan kawat di dalam sekring tersebut dari samping. Kalau hubungan masih bagus, bisa disimpulkan kondisi sekring baik-baik saja, namun jika terkoyak atau putus berarti sudah rusak.

   Baca Juga: Pahami Lagi Safety Riding untuk Wanita Saat Berkendara

Ade Rohman selaku Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora mengatakan untuk memastikan kondisi sekring bisa menggunakan avo meter. Sehingga dapat diukur kontinuitas antara kaki dari sekring tersebut. Ade juga menyarankan penggunaan sekring yang sesuai dengan yang digunakan sebelumnya.

Sekring Motor

“Hal yang juga perlu diperhatikan ketika mengganti sekring lama dengan sekring baru harus menggunakan ukuran sekring yang sama. Jika mengganti sekring yang memiliki ukuran lebih tinggi, akan sangat memperbesar kemungkinan terjadinya kerusakan pada sistem kelistrikan bahkan bisa menyebabkan terjadinya kebakaran,” ujar Ade dalam keterangan tertulis.

   Baca Juga: Berbentuk Kecil, Ketahui Peran Sekring Pada Sepeda Motor

Tentunya untuk mencegah terjadinya korsleting dan masalah lain pada kelistrikan, perlu membawa motor ke bengkel. Tentunya agar bisa dilakukan pemeriksaan dan perawatan berkala.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.