Berikut Cara Naik Motor Matic untuk Pengguna Pemula

Berikut Cara Naik Motor Matic untuk Pengguna Pemula

 

Motor matic kini menjadi alat transportasi yang paling banyak diandalkan masyarakat Indonesia. Mengingat motor ini memiliki pengoperasian yang paling sederhana dibandingkan jenis lainnya. Meski demikian, menunggangi motor matic tidak bisa asal dan harus mengetahui karakternya bagi pengendara pemula.

Agar dapat menggunakan motor matic dengan benar, Yamaha Riding Academy dari Main Dealer PT Thamrin Brothers memberikan tipsnya. ”Bagi yang ingin belajar mengendarainya, kami memberikan beberapa poin sebagai panduan. Semoga dapat membantu untuk berkendara lebih menyenangkan,” papar Wiranata P. Ilahi, Manager Promosi Main Dealer PT Thamrin Brothers.  

   Baca Juga: Ini Jadinya Ketika Yamaha XSR 155 Tampil Futuristik

Pertama adalah mengenali fungsi perangkat motor, mulai dari rem depan di setang kanan dan rem belakang di setang kiri. Kemudian fitur side stand switch yang harus dimatikan dengan menaikkan standar samping sebelum menyalakan motor. Termasuk menarik tuas rem untuk dapat menghidupkan motor.

Safety riding Yamaha (Yamaha NMax dan Gear 125)

Selanjutnya pengendara harus mengenali karakter motor dengan membuka gas secara perlahan saat akan berjalan. Biasanya motor matic akan berjalan agak lambat dari motor jenis lain karena dirancang dengan rpm yang berbeda. Kemudian kenali karakter engine brake motor matic yang lebih kecil dari motor bebek dan sport.

   Baca Juga: Ternyata Ganti Camshaft Racing Tidak Bisa Sembarangan

Berikutnya coba lakukan pengereman secara lebih halus, dengan demikian pengereman menjadi lebih aman dan tenaga tidak mudah drop. Gunakan kedua rem secara bersamaan agar dapat mengurangi kecepatan lebih signifikan. Penggunaan dua rem ini dapat dimanfaatkan saat melewati jalanan yang menurun.

Terakhir utamakan menjaga putaran mesin alias rpm saat hendak mendahului kendaraan lain. Cara ini juga dapat digunakan ketika pengendara hendak melewati jalanan menanjak.       

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id