Postur Berkendara yang Tepat Saat Menunggangi Sepeda Motor

Postur Berkendara yang Tepat Saat Menunggangi Sepeda Motor

Berkendara sepeda motor bukanlah perkara mudah, karena harus memiliki konsentrasi penuh agar terhindar dari kecelakaan. Salah satu yang mendukung konsentrasi adalah postur berkendara yang tepat. Postur berkendara yang tepat dapat memberikan kenyamanan dan keamanan terutama ketika berkendara jarak jauh.

Johanes Lucky Manager Safety Riding Astra Honda Motor memberikan tipsnya. Menurutnya pengendara harus bisa mengetahui kondisi jalan secara fokus. Namun di waktu bersamaan harus tetap rileks agar tidak cepat lelah terutama ketika berkendara jarak jauh.

   Baca Juga: Perhatikan Etika Ketika Touring Menggunakan Sepeda Motor

"Dalam berkendara, fokus dan kenyamanan menjadi aspek yang sangat penting. Pengendara harus mampu mengidentifikasi medan atau kondisi jalan yang dilewati. Tetapi dalam waktu bersamaan harus rileks agar menghilangkan ketegangan untuk mengurangi letih terlalu cepat," ujar lucky sapaan akrabnya dalam keterangan tertulis.

Posisi Berkendara Sepeda Motor

 

Menurut Lucky posisi berkendara bagian tubuh atas pengendara harus lebih santai. Hal ini dikarenakan posisi punggung yang tegak sehingga dapat mengurangi stres di bagian bahu, punggung dan leher. Menurunnya ketegangan otot pada tangan bagian depan juga memberikan handling yang nyaman dan maksimal.

   Baca Juga: Yamaha Luncurkan Aksesoris Resmi WR 155R untuk Touring dan Terabasan

Kedua adalah Leasure Position yang merupakan posisi kaki dapat berpindah ke bagian depan atau bersandar. Pada beberapa skutik premium menawarkan posisi kaki seperti ini yang dapat menurunkan ketegangan kaki. Sehingga sangat cocok untuk mengistirahatkan kaki dalam perjalanan jauh.

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id