Berkendara Musim Hujan Ingat lagi Bahaya Terjadinya Aquaplanning

Berkendara Musim Hujan Ingat lagi Bahaya Terjadinya Aquaplanning
Selasa, 19 Oktober 2021 10:00
Brian

Musim hujan mulai mengguyuri sejumlah daerah di Jabodetabek beberapa hari ini. Kondisi ini tentunya membuat pengendara sepeda motor harus mempersiapkan diri. Salah satunya adalah mewaspadai terjadinya aquaplanning yang berpotensi terjadi saat musim hujan.

Menurut Jusri Pulubuhu selkau Instruktur Jakarta Defensive Driving Consultant mengatakan pengendara harus hati-hati saat jalanan basah. Terutama jika terdapat genangan air yang menggenang di permukaan jalanan. Pasalnya genangan air dapat mengakibatkan ban slip atau biasa disebut sebagai aquaplanning.

tips motor hujan

"Begitu kondisi permukaan basah dan licin, maka yang harus dilakukan adalah turunkan kecepatan di bawah kebiasaan normal. Karena peluang traksi dari permukaan roda kepada jalan akan tidak optimal, tidak sebagaimana seperti pada kondisi kering. Apalagi ditambah adanya genangan air," ujar Jusri saat dihubungi OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Cara Ketahui Kapan Rantai dan Gear Harus Segera di Ganti

Menurut Jusri, genangan air sekecil apapun dapat membuat motor kehilangan traksi hingga terjadi aquaplaning. Pengertian aquaplanning sendiri adalah kondisi dimana kekuatan ban untuk menerabas air berkurang. Sehingga akan membuat lift post atau gaya menaikkan ke atas.

Berkendara Musim Hujan

"Artinya roda tidak menyentuh permukaan jalan, seperti batu lompat yang dilempar di atas danau. Semakin kencang speednya, maka semakin jauh dia akan melayangnya. Kalau semakin pelan maka akan semakin grip, yang mana kalau sudah grip motor akan mudah dikendalikan," pungkas Jusri.

   Baca Juga: Selain Tampilan Standar, Beli Yamaha Gear 125 Kini Bisa Custom Warna

Menurutnya menurunkan kecepatan adalah satu-satunya jalan untuk menghindari aquaplanning ini. Karena tidak butuh genangan air yang besar untuk membuat aquaplanning terjadi. Terutama motor yang memiliki permukaan ban yang gundul, hal itu akan memperparah terjadinya aquaplanning.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.