Bukan Sekedar Gaya, Alasan Helm Off-Road Punya Desain Berbeda

Bukan Sekedar Gaya, Alasan Helm Off-Road Punya Desain Berbeda

 

Setiap bentuk helm memiliki peruntukkannya masing-masing sesuai dengan penggunaannya. Salah satu bentuk helm yang paling berbeda adalah helm off-road. Helm off-road punya desain berbeda bahkan dibuat tanpa kaca yang menempel di helm, lantas apa alasan bentuknya berbeda?

Johannes Lucky selaku Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) menjelaskan setiap bentuknya memiliki desain yang berbeda. Mulai dari moncongnya yang memiliki desain pelindung rahang yang lebih panjang. Lucky sapaan akrabnya mengatakan desain tersebut agar membuat pengendara off-road memiliki sirkulasi nafas yang lebih memadai.

   Baca Juga: Bukan Cuma Wanita, Pria Juga Sering Sein Kiri Tapi Belok Kanan

"Riding gear untuk off-road memang berbeda, sepatu saja dibuat lebih kaku agar kaki tidak mudah cedera. Begitu juga pada helm, dia punya desain yang lebih moncong supaya sirkulasi pernapasan pengendaranya lebih leluasa," ujar Lucky saat ditemui awak media beberapa waktu lalu di Cikarang, Jawa Barat.

CRF150L Off-Road

Kemudian di bagian atas sebuah helm off-road, dibuat topi yang cukup panjang. Lucky menyebutkan topi tersebut dibuat agar dapat melindungi pengendara dari kerikil atau bebatuan yang melayang. Sehingga pengendara dapat terlindungi dan pengelihatan juga tidak terganggu.

   Baca Juga: Cara Mengecek Oli Transmisi Motor Matik, Cukup Pakai Obeng!

"Nah topinya itu untuk menghindari kalau ada batu atau pasir yang terbang saat melintasi jalan off-road. Kan kalau motor off-road itu cipratannya bisa kemana-mana. Nah dengan adanya topi tersebut bisa menahan adanya cipratan agar tidak terkena mata," pungkasnya.

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id