Cara Aman Berkegiatan Sunday Morning Ride di Masa Pandemi

Cara Aman Berkegiatan Sunday Morning Ride di Masa Pandemi

 

Sunday Morning Ride atau yang banyak dikenal dengan istilah Sunmori merupakan aktivitas berkendara yang digemari pengguna motor. Kegiatan ini biasanya berlangsung di pagi hari untuk menikmati udara sejuk. Selain itu juga dapat menikmati rute yang masih sepi dilalui oleh pengguna jalan lainnya.

"Agar kegiatan sunmori dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan, ada sejumlah tips dari tim Yamaha Riding Academy yang dapat diterapkan oleh bikers. Hal ini juga untuk menjaga keselamatan berkendara dan ketertiban di jalan untuk kepentingan bersama," ujar Johannes BMS, Chief Yamaha DDS 3 Jawa Tengah-DIY dalam keterangan tertulis.

SUNMORI BMW MOTORRAD

Tips pertama adalah cari tempat titik berkumpul dengan area luas yang dapat memuat parkir motor peserta. Hindari parkir motor di pinggir jalan karena dapat mengganggu pengendara lain yang melintas. Atur jumlah peserta sunmori, hindari terlalu banyak agar tidak mengakibatkan kerumunan dan selalu taat protokol kesehatan.

   Baca Juga: Berkendara Musim Hujan Ingat lagi Bahaya Terjadinya Aquaplanning

Sebelum sunmori dimulai, pastikan jalur sudah ditentukan dan usahakan jalur dikenal para peserta. Kemudian lakukan safety brief kepada peserta sunmori mulai dari rute, perilaku di jalan, dan safety gear yang dipakai. Usahakan peserta sunmori menggunakan perlengkapan keamanan secara lengkap mulai dari helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu.

Sunmori Royal Alloy

Selanjutnya dalam perjalanan usahakan jaga kecepatan dan jarak aman sesama peserta sunmori. Hindari perilaku tidak aman seperti ugal-ugalan, zig-zag, atau memainkan gas. Disarankan tidak mengobrol dengan rekan sesama peserta sunmori agar tidak mengganggu konsentrasi.

   Baca Juga: Kawasaki Ninja ZX-25R Dipasang Turbocharger, Tenaga Naik Drastis

Terakhir, peserta sunmori usahakan untuk mengoperasikan gas dan rem secara halus. Jika ada yang menggunakan action cam, pastikan terpasang dengan baik dan kuat. Pastikan juga membawa surat-surat kendaraan dan selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id