Cara Jatuh dari Sepeda Motor yang Bisa Meminimalisir Cidera

Cara Jatuh dari Sepeda Motor yang Bisa Meminimalisir Cidera

 

Mengendarai sepeda motor memiliki resiko terjatuh ketika mengalami kecelakaan atau ketidakseimbangan. Bahkan pembalap sekelas MotoGP pun mengalami jatuh dari motor balapnya. Untuk meminimalisir cidera saat terjatuh dari sepeda motor, ada beberapa tips yang bisa disimak sebagai berikut.

Johanes Lucky selaku Manager Safety Riding AHM mengatakan saat terjatuh disarankan melepaskan diri dari sepeda motor. Dengan demikian dapat membantu mengurangi momentum dan memberikan kesempatan untuk berguling. Banyak yang tidak melakukan ini karena sepeda motor memiliki nilai emosional, sehingga saat jatuh pengendara tidak melepaskan motornya.

   Baca Juga: Tips Rawat Ban Motor, Berikut Tekanan Angin Ideal dan Jadwal Pengecekannya

Selanjutnya jatuh dengan posisi berguling seperti disebutkan di atas, dapat mengurangi efek benturan terhadap permukaan jalan. Cukup lipat tangan di bagian dada dengan posisi emmeluk melingkari tubuh, kemudian menunduk dengan dagu menempel pada dada. Saat berguling arahkan benturan pada bahu belakang untuk mengurangi dampak yang lebih buruk.

Cara Jatuh berguling

Saat berguling, usahakan mengarahkan tubuh ke kiri jalan untuk meminimalisir resiko. Sisi kiri jalan dianggap lebih minim resiko karena tidak seaktif sisi kanan jalan. Terakhir disarankan untuk tidak langsung berdiri, diam dahulu sejenak, dan coba lakukan gerakan pada kaki dan tangan untuk memastikan tidak ada cidera parah.

   Baca Juga: Bore-up Mesin Honda Vario 125 Irit Biaya, Cuma Rp 3 Jutaan

Setelah terjatuh disarankan untuk segera ke rumah sakit untuk mendapatkan pemeriskaan lebih lengkap. "Pada prakteknya, teknik jatuh di atas tidak semudah seperti saat disampaikan. Untuk itu, tetap gunakan perlengkapan berkendara dengan baik, tingkatkan kemampuan, kendalikan emosi, pahami prediksi dan antisipasi bahaya di jalan," ujar Lucky.

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id