Cara Melepas Aki Motor, Kutub Positif Dulu atau Negatif? Jangan Salah!

Cara Melepas Aki Motor, Kutub Positif Dulu atau Negatif? Jangan Salah!

Aki atau baterai menjadi salah satu komponen penting pada motor berteknologi injeksi saat ini. Kondisi aki yang menurun tentunya akan berpengaruh pada performa motor. Agar usia pakai aki tetap awet, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya cara melepas dan memasangnya.

Ketika melepas atau memasang aki ternyata tak boleh sembarangan. Kesalahan pemasangan kutub aki bisa berpotensi menyebabkan hubungan arus pendek atau korsleting. Lantas, bagaimana cara melepas dan memasang aki yang benar?

   Baca Juga: Yamaha XSR 155 Punya Warna Baru, Kawasaki W175 Lebih Murah, Pilih Mana?

Untuk melepas aki, buka terlebih dahulu terminal negatif, kemudian baru buka terminal positif. Sedangkan, ketika melakukan pemasangan aki kembali, lakukan hal sebaliknya dari proses pelepasan, yakni terminal positif lebih dulu baru kemudian terminal negatif.

Ilustrasi aki motor

Melepas aki motor juga bisa membuatnya terhindar dari risiko mengalami soak, khususnya pada motor yang jarang digunakan atau memang ingin diparkir dalam waktu lama. Hal ini turut dijelaskan langsung oleh Adih selaku Supervisor Service Yamaha Mekar Motor Bintaro, Jakarta Selatan.

   Baca Juga: Air Radiator Bocor, Konsumen All New PCX 160 Minta Recall Produk

"Misal ditinggal lebih dari seminggu, kalau bisa itu akinya dicopot. Untuk menghindari aki menjadi soak," kata Adih, Supervisor Service Yamaha Mekar Motor Bintaro saat ditemui OtoRider beberapa waktu lalu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id