Cara Memilih Jas Hujan yang Benar Sesuai Anjuran Safety Riding

Cara Memilih Jas Hujan yang Benar Sesuai Anjuran Safety Riding

 

Jas hujan sudah diwajibkan dimiliki setiap pengendara sepeda motor saat musim hujan. Meski demikian, beberapa pengendara di Indonesia masih belum tahu cara memilih jas hujan yang benar. Lantas bagaimana cara mengetahui jas hujan yang benar sesuai dengan keselamatan berkendara?

Jusri Pulubuhu selaku Safety Riding Instruktur dari Jakarta Defensive Driving Consultant memberikan sejumlah tipsnya. Menurutnya yang pertama usahakan menggunakan jas hujan dua setelan, bukan satu setelan. Menurutnya jas hujan satu setelan dapat berbahaya karena dapat masuk ke roda belakang.

   Baca Juga: Alasan Kondisi Ban Sangat Berpengaruh di Musim Hujan

"Jas hujan usahakan jangan satu setelan, tapi dua setelan yang atas dan bawah. Kalau satu setelan itu cenderung akan kemana-mana bahannya. Bisa masuk jari-jari atau komponen lainnya yang dapat mengganggu keselamatan mereka," ujar Jusri Pulubuhu saat dihubungi OtoRider beberapa waktu lalu.

Ilustrasi Musim Hujan

Selain model jas hujan, pengendara motor juga perlu memperhatikan dari sisi warna jas hujan yang digunakan. Menurut Jusri usahakan jas hujan berwarna terang agar dapat dengan mudah dilihat pengendara lain. Mengingat pengelihatan pengendara di musim hujan sangatlah minim.

   Baca Juga: Jangan Simpan Sepatu dan Sarung Tangan Saat Berkendara di Musim Hujan

"Kan kita sadar pada saat musim hujan kemampuan visibilitas kita akan menurun. Kalau sudah menurun, jas hujan kita warna hitam atau abu-abu malah engga kelihatan kan? Bagaimana kalau yang dibelakang Anda itu truk besar? Ini sama saja mengurangi keselamatan si pengendara," pungkas Jusri.

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id