Jangan Simpan Sepatu dan Sarung Tangan Saat Berkendara di Musim Hujan

Jangan Simpan Sepatu dan Sarung Tangan Saat Berkendara di Musim Hujan

 

Musim hujan bagi pengendara motor merupakan kondisi yang kurang menyenangkan. Pasalnya, pengendara motor harus lebih siap seperti menggunakan jas hujan. Namun biasanya saat telah menggunakan jas hujan, sepatu dan sarung tangan justru disimpan agar tidak basah.

Jusri Pulubuhu selaku Instruktur Jakarta Defensive Driving Consultant mengatakan hal tersebut merupakan salah kaprah. Menurutnya sepatu dan sarung tangan memiliki fungsi perlindungan yang penting. Sehingga sebaiknya tetap digunakan meskipun dalam kondisi hujan.

Ilustrasi Jas Hujan

"Banyak salah kaprah orang-orang lebih sayang terhadap peralatannya seperti sepatu dan sarung tangan. Sepatunya ditaro di tas diganti pakai sandal atau sarung tangannya yang bagus jadi dicopot tanpa sarung tangan," ujar Jusri saat dihubungi OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Periksa Lagi Kondisi Rem Cakram Sepeda Motor Saat Musim Hujan

"Padahal sarung tangan bisa melindungi ketika jatuh. Sepatu kan mengurangi resiko cedera ketika kaki kita membentur secara kasar atau terseret di permukaan aspal," lanjutnya.

Berkendara Musim Hujan

Jusri berpendapat agar sepatu tidak basah, bisa disiasati dengan jas hujan sepatu atau pelindung sepatu. Menurutnya saat ini sudah banyak rainshoes yang berupa plastik atau karet sehingga sepatu tidak basah. Sementara untuk sarung tangan, disarankan punya lebih dari satu di saat musim hujan.

   Baca Juga: Alasan Kondisi Ban Sangat Berpengaruh di Musim Hujan

"Kalau sarung tangan di musim hujan gini harus punya dua, atau ada spare yang lain. Dia pakai basah-basahan, begitu engga hujan dia bisa pakai yang belum basah. Karena kalau basah memang bisa masuk angin, makanya lebih baik punya dua atau tiga cadangan," pungkasnya.

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id