Cara Mengetahui Rantai Terlalu Kendor Lewat Jarak Main Bebas

Cara Mengetahui Rantai Terlalu Kendor Lewat Jarak Main Bebas
Senin, 28 Juni 2021 11:50
Brian

Komponen rantai masih hadir di sejumlah model sepeda motor seperti bebek dan sport. Komponen yang satu ini perlu diperhatikan, terutama ketika terjadi kekenduran. Untuk mengetahui jika rantai terlalu kendur, dapat dilihat dari jarak main bebasnya.

“Pengguna sepeda motor sangat perlu memperhatikan kualitas rantai roda sepeda motor kesayangannya agar kondisinya selalu prima. Perawatan ataupun pengecekan rantai roda disarankan rutin dilakukan setiap periode 4.000 km,” ujar tim Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno dalam keterangan tertulis.

   Baca Juga: Alasan Modifikasi Performa Berpengaruh Terhadap Umur Mesin

Endro menyebutkan jarak main bebas rantai roda merupakan hal penting dalam memastikan betas kekedurannya. Jika jarak main bebas ini sesuai dengan setelannya, maka motor akan mendapatkan tenaga yang optimal. Pengguna sepeda motor dapat melihat batas jarak main bebas yang tertera di stiker pelindung rantai.

Perawatan Rantai Motor

Selanjutnya jika ingin mengatur kekencangan rantai roda, pada pengguna motor harus memastikan dalam posisi standar tengah. Kemudian putar roda untuk menemukan kekenduran yang paling kecil. Terakhir gunakan penggaris pengukur tingkat kekenduran pada bagian kekenduran yang paling kecil atau di tengah-tengah antara dua sprocket.

   Baca Juga: Dianggap Sepele, Banyak Yang Belum Tahu Bagian-Bagian Rantai

"Jika kekenduran melebihi batas jarak main bebas yang tertera pada stiker, sebaiknya dilakukan setel kekencangan, atau dapat di bawa ke bengkel resmi terdekat," lanjut Endro.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.