Dianggap Sepele, Banyak Yang Belum Tahu Bagian-Bagian Rantai

Dianggap Sepele, Banyak Yang Belum Tahu Bagian-Bagian Rantai
Jumat, 25 Juni 2021 06:00
Brian

Rantai pada sepeda motor merupakan salah satu komponen penting sebagai penggerak roda. Biasanya komponen ini hadir di motor jenis sport maupun bebek. Namun banyak yang menganggap sepele komponen ini, bahkan tidak mengetahui bagian-bagian dari rantai itu sendiri.

Padahal pengetahuan soal rantai sangat penting, sehingga dapat memperhatikan kualitas dari komponen tersebut. Endro Sutarno selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor memberikan sejumlah tipsnya. Salah satunya adalah mengetahui bagian-bagian dari rantai.

Perawatan Rantai Motor

"Pengguna sepeda motor sangat perlu memperhatikan kualitas rantai roda sepeda motor kesayangannya agar kondisinya selalu prima. Perawatan atau pengecekan rantai roda disarankan rutin dilakukan setiap periode 4.000 km," ujar Endro dalam keterangan tertulis yang diterima OtoRider.

   Baca Juga: Penyakit Yamaha NMax Bore-up Bikin Motor Sulit Distarter

Endro menjelaskan rantai pada sepeda motor terhubung dengan drive sprocket alias gear mesin dan driven sprocket atau gear roda. Pada bagian rantai, terdiri atas roller link yang terhubung antara satu sama lain. Roller link tersebut disatukan dengan master link sebagai penyambung dari dua sisi rantai.

Rantai BMW Motorrad M Endurance

Endro juga menjelaskan pemilihan jenis rantai yang digunakan juga perlu diperhatikan. Terdapat perbedaan ukuran pada rantai motor bebek dan sport. Perbedaan ukuran bisa dilihat dari panjang rantai dan ukuran lebar dari roller link.

   Baca Juga: Alasan Modifikasi Performa Berpengaruh Terhadap Umur Mesin

“Mengetahui bagian-bagian dari rantai merupakan salah satu langkah awal untuk mengetahui letak pemberian pelumas pada rantai sekaligus pengncekan kualitas rantai. Pengguna sepeda motor perlu memastikan roller link dapat berputar 180 derajat” ujar Endro.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.