Cegah Rusak, Begini Cara Merawat Radiator Motor Agar Tetap Awet

Cegah Rusak, Begini Cara Merawat Radiator Motor Agar Tetap Awet
Sabtu, 23 Januari 2021 12:00
Thio Pahlevi

Sistem pendingin motor menjadi salah satu komponen yang juga perlu mendapatkan perawatan berkala. Sistem pendinginan ini sendiri terdapat beberapa jenis, salah satunya adalah pendingin air atau radiator. Agar tetap awet, bagaimana cara merawat radiator yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan?

Ade Rohman selaku Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) pun memberikan penjelasannya. Menurut Ade, komponen pendingin air atau radiator pada mesin kendaraan roda dua mempunyai fungsi yang sangat vital, yaitu untuk menjaga kondisi mesin agar tetap stabil.

   Baca Juga: Bisakah Bodi All New CBR150R Digunakan Pada Model Lama?

"Jika radiator sudah mengalami kerusakan, maka dapat menyebabkan mesin mengalami panas berlebih atau overheat, serta dampak lain yang ditimbulkan yaitu kerusakan pada cylinder comp atau pun bagian lainnya. Oleh karena itu, kondisi radiator ini harus dijaga agar tetap awet dan bisa berfungsi secara optimal," kata Ade.

Nah, untuk menjaga dan merawat radiator tetap dalam kondisi prima dan berfungsi dengan baik, Ade memberikan beberapa tipsnya.

Radiator Motor

Pertama, periksa secara rutin ketinggian permukaan air coolant di dalam tabung reservoir. Ketinggian air coolant di dalam reservoir harus selalu berada di antara garis upper dan lower

Untuk melakukan pengecekan, pastikan suhu mesin harus dalam kondisi dingin dan motor berada pada posisi standar tengah. "Jika kapasitas air coolant di dalam reservoir tank kurang dari standar, tambahkan cairan khusus air coolant sampai ke batas garis upper," ujar Ade.

Selanjutnya, kuras cairan air coolant secara berkala sesuai dengan petunjuk pada buku service di masing masing tipe motor. Pengurasan air coolant sebaiknya dilakukan di bengkel resmi Honda atau AHASS. "Setiap tipe mempunyai periodical maintanance yang berbeda, untuk mengetahuinya harus dilihat dari jadwal maintenance per tipe sepeda motor di buku service-nya masing-masing," jelas Ade.

Radiator Motor

Ade menghimbau, bagi pengguna motor Honda, selalu gunakan air coolant khusus yang di rekomendasikan. "Dilarang menggunakan air keran atau air mineral untuk mengganti cairan pada air coolant," ucapnya.

   Baca Juga: Pembalap Tes Honda Akui Hampir Frustasi Kendarai RC213V

Keempat, rutin bersihkan kisi-kisi atau sirip pendingin radiator dari adanya kotoran yang menempel, seperti lumpur atau debu. Hati-hati dalam membersihkanya, jangan sampai merusak sirip radiator tersebut.

Terakhir, dilarang menggunakan cover radiator variasi yang menutupi keseluruhan badan radiator. "Hal ini akan mengganggu kinerja dari sistem pendinginannya sehingga performa mesin sepeda motor dapat cepat menurun dan mengalami kerusakan," ujar Ade.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.