Cegah Rusak, Simak Tips Mudah Merawat Motor Tanpa Perlu ke Bengkel

Cegah Rusak, Simak Tips Mudah Merawat Motor Tanpa Perlu ke Bengkel

 

Perawatan motor secara berkala tentu diperlukan agar performanya tetap terjaga. Tak melulu ke bengkel, pemilik motor juga dapat melakukan perawatan sendiri di rumah. Lantas, apa saja tips merawat motor sehari-hari yang bisa dikerjakan tanpa harus pergi ke bengkel?

Riyadi Prihartono selaku Manager Service CS Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pun memberikan beberapa tipsnya. Menurutnya, terdapat sejumlah cara untuk merawat motor sendiri di rumah, di antaranya adalah pemeriksaan aki, oli mesin, serta pengereman.

   Baca Juga: Ternyata Pola Bunyi Answer Back System Honda Scoopy Bisa Diatur

Pertama, Riyadi menyebutkan perawatan motor sehari-hari yang bisa dilakukan adalah memastikan aki dalam kondisi baik. Guna memastikannya, pemilik motor dapat memeriksa fungsi kelistrikan, cek starter, klakson, dan lampu-lampu.

Yamaha All New Aerox 155 Connected/ Aerox 155 Baru

Selanjutnya, mengecek level ketinggian oli mesin. Caranya dengan membuka tutup oli dan cek level ketinggian pada stick oli. Riyadi menghimbau untuk membiasakan mengganti oli mesin setiap 3.000 km ke bengkel resmi Yamaha terdekat.

Perawatan berikutnya adalah mengecek kebocoran oli dengan melihat apakah ada tetesan atau rembesan oli di sekitar bagian mesin. Selain itu, cek juga suspensi depan dan belakang jika ada rembesan oli.

Ban motor Yamaha NMax

Masih di bagian kaki-kaki, periksa sistem pengereman untuk menjaga performa rem tetap optimal. Pemeriksaan ini dapat dilakukan dengan dua cara, yakni memeriksa ketinggian level minyak rem melalui indikator pada master rem serta memeriksa ketebalan kampas rem depan dan belakang melalui indikator keausan kampas rem.

   Baca Juga: Honda SH150i Hilang dari Situs AHM, Berhenti Dijual?

Di bagian roda, cek kondisi tekanan angin dan ketebalan alur ban. Tekanan angin normal untuk ban depan adalah 255 kPa/33 psi serta ban belakang 250 kPa/36 psi. Tak kalah penting, jagalah kebersihan motor dengan mencucinya untuk mencegah karat pada bodi motor dan bagian lainnya. Terakhir, hidupkan motor yang tidak terpakai agar mesin terlumasi dan kondisi aki terjaga.

"Yamaha selalu berorientasi pada kepuasan pelanggan, karena selain menghadirkan produk yang berkualitas, Yamaha juga berupaya menyediakan fasilitas aftersales yang mumpuni bagi para penggunanya. Bagi konsumen yang belum sempat melakukan perawatan di bengkel resmi Yamaha, kami akan berbagi tips perawatan motor sehari-hari di rumah dan juga dapat memanfaatkan fasilitas Service Kunjung Yamaha (SKY)," ujar Riyadi.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id