Cuma 5 Menit, Lakukan Hal Ini pada Motor yang Jarang Digunakan Agar Tetap Awet

Cuma 5 Menit, Lakukan Hal Ini pada Motor yang Jarang Digunakan Agar Tetap Awet

 

Aktivitas masyarakat tengah dibatasi saat ini guna menekan angka penyebaran wabah. Sejumlah kegiatan pun dianjurkan untuk dilakukan di rumah. Sehingga, kendaraan seperti motor misalnya menjadi jarang digunakan. Meski demikian, motor tetap perlu mendapatkan perawatan, salah satunya dengan cara dipanaskan apabila sering terparkir di rumah.

Memanaskan motor diperlukan agar gerak mesin selalu terjaga kelancarannya. Selain itu, cara ini juga akan memicu pelumas untuk selalu melapisi semua bagian komponen mesin di setiap sela dan sisi. Jika dibiarkan mati terus menerus, pelumas atau oli akan mengendap.

   Baca Juga: Harga Terkini Honda Vario 125 dan 150 Juli 2021, Cuma Beda Tipis, Mending Mana?

Berdasarkan tips yang dibagikan oleh Yamaha Bali, pemanasan motor tak membutuhkan waktu yang lama. Pemilik kendaraan dianjurkan memanaskan motor selama kurang lebih 3 hingga 5 menit saja. Hal senada pun turut dijelaskan oleh Adih selaku Supervisor Service Yamaha Mekar Motor Bintaro, Jakarta Selatan. Tak hanya saat kondisi diam, motor juga perlu dipanaskan sebelum dipakai.

Yamaha All New NMax 155 Connected

Adih mengatakan, memanaskan motor sebelum digunakan bertujuan untuk membuat sirkulasi oli optimal dalam melumasi seluruh bagian mesin. Selain itu, memanaskan motor juga bisa menjaga pengisian baterai agar tetap bagus.

   Baca Juga: Inspirasi Modifikasi, Yamaha MT-15 Bergaya Hyper Naked

"Biar sirkulasi olinya naik ke bagian cylinder head, bagian piston, dan supaya pendinginannya nanti lebih bagus. Kalau panasin sih enggak butuh waktu lama ya. Paling lama itu sekitar 5 menit. Karena kalau terlalu lama saat kondisi motor diam, itu malah kurang bagus. Soalnya enggak ada pendinginan udara seperti saat motor berjalan," jelas Adih pada OtoRider beberapa waktu lalu.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id