Desain Lampu Motor Sport Semakin Kecil, Bagaimana Faktor Keamanannya?

Desain Lampu Motor Sport Semakin Kecil, Bagaimana Faktor Keamanannya?

 

Tren desain lampu sebuah motor sport kini semakin kecil dan berbentuk tajam. Biasanya tampilan ini untuk mendukung estetika motor yang terlihat semakin sporty dan agresif. Namun perlu diingat, lampu bukan hanya sebagai penerangan tetapi juga agar mudah dilihat pengendara lain.

Sebenarnya bentuk lampu motor sport yang semakin mengecil ini dapat dilihat pada model keluaran terbaru. Bagian lampu semakin meruncing dari generasi ke generasi, baik pada Honda dengan CBR series, Yamaha dengan R series, dan Kawasaki dengan Ninja series. Lantas bagaimana dari sisi kacamata safety riding?

Yamaha R15 & Soul GT

"Memang benar lampu selain untuk penerangan jalan juga sebagai alat komunikasi agar mudah dilihat oleh pengendara lain. Cahaya sendiri lebih cepat dideteksi oleh indera manusia yakni pengelihatan, dibandingkan suara atau lainnya," ujar Jusri Pulubuhu selaku Instrukutr Safety Riding Jakarta Defensive Driving Consultant saat dihubungi OtoRider, Senin (27/9).

   Baca Juga: Cara Agar Sepatu dan Sarung Tangan Tidak Basah Saat Kehujanan

Namun menurut Jusri bentuknya yang semakin mengecil tidak berpengaruh terhadap keselamatan. Menurutnya selama lampu tersebut masih terang walaupun bentuknya kecil, masih tetap terlihat oleh manusia. Selain itu motor yang diluncurkan saat ini juga sudah melalui uji tipe dan beberapa di antaranya adalah model global.

Kawasaki All New Ninja 250

"Kalau tidak aman pasti tidak diluluskan pada saat uji tipe. Selain itu kan di luar negeri juga model yang diluncurkan sama dan di sana juga punya uji tipe. Bahkan uji tipe di luar atau di beberapa negara lebih ketat daripada Indonesia. Jadi seharusnya tidak ada masalah meskipun desain dari lampu semakin kecil, asalkan lampunya tetap terang," pungkas Jusri.

   Baca Juga: Inspirasi Modifikasi, Konsep Royal Enfield Meteor 350 Bergaya Bobber

Memang perubahan desain soal lampu motor sport ini sudah terjadi di setiap generasi. Bisa dilihat dari Honda CBR150R di generasi pertama hingga saat ini memiliki lampu yang semakin mengecil. Hal yang sama juga ditemukan pada Yamaha R15 generasi kedua ke generasi ketiga dan Ninja 250 FI dari generasi pertama hingga ketiga.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id