Hal-Hal yang Perlu Diketahui Dalam Merawat Motor Listrik, Yakin Sudah Tahu?

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Dalam Merawat Motor Listrik, Yakin Sudah Tahu?

Motor bertenaga listrik saat ini mulai banyak dipasarkan di Indonesia. Tak hanya produk keluaran pabrikan, sejumlah bengkel modifikasi pun mengerjakan konversi motor bensin menjadi bertenaga listrik. Meski minim perawatan dibanding motor bensin, hal apa saja yang perlu diketahui dalam merawat motor listrik?

Ady Siswanto selaku pemilik bengkel modifikasi PetrikBike pun memberikan penjelasannya terkait perawatan motor listrik. Menurutnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya air dan banjir.

   Baca Juga: Mau Miliki Motor Termurah BMW? Intip Harga Baru G 310 GS dan G 310 R (April 2021)

"Jadi gini, kalau motor listrik itu yang pertama jangan sampai kena banjir. Bukan hanya motor listrik sebetulnya, kalau kena banjir pasti akan bermasalah. Apalagi listrik kan rawan banget sama namanya air kan. Jadi kalau ada genangan atau ada banjir, atau di cuci lah ya, itu jangan terlalu dengan air bertekanan tinggi. Sehingga si komponen elektriknya bisa terendam, nah itu," jelas Ady pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Motor Listrik Gesits

Ady mengatakan terdapat beberapa komponen motor listrik yang rawan mengalami kerusakan ketika terkena air atau banjir. Komponen tersebut di antaranya adalah baterai dan dinamo. Lantas, bagaimana agar motor listrik bisa tetap awet digunakan?

   Baca Juga: GALERI: Tampilan Retro-Klasik Royal Alloy GP150

"Perawatan selanjutnya untuk motor listrik itu karena enggak ada perawatan bulanan, jadi perawatannya itu ada di penggunanya. Pertama, baterainya enggak boleh overcharged. Kedua, baterainya jangan sampai lama enggak di-charge. Ketiga, mendingan setelah pakai di-charge daripada dipakai sampai habis baru di-charge. Tiga hal itu yang perlu diperhatikan bagi pemilik kendaraan listrik," ujar Ady.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id