Jangan Asal Pakai Sabun Saat Cuci Helm Premium di Rumah!

Jangan Asal Pakai Sabun Saat Cuci Helm Premium di Rumah!

 

Selagi masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, tentunya banyak hal yang dapat bikers lakukan di rumah. Salah satunya adalah dengan mencuci helm kesayangan secara mandiri. Namun ketika mencuci helm sendiri harus hati-hati, terutama soal sabun atau pembersih yang digunakan.

Mexvico dari komunitas Belajar Helm mengatakan sabun untuk mencuci helm tidak bisa asal. Bahkan teknik membersihkan beberapa komponen helm juga harus diperhatikan. Tentunya sebagai pemilik, tidak ingin helm kesayangan menjadi rusak dan tidak nyaman dipakai.

Busa Helm

"Biasanya mencuci busa helm memakai sabun atau shampo bayi, tetapi bukan direndem. modelnya itu seperti dibasahkan, lalu dikucek atau usap-usap bagian yang kotor dengan tangan sendiri. Jadi bukan disikat, diusap-usap saja biar engga mudah rusak," ujar Mexvico kepada OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Jarang Digunakan, Simpan Helm Jangan Asal Agar Tidak Bau

Menurut Mexvico, beberapa merek helm premium dapat dicuci menggunakan detergen yang tidak keras dan dilengkapi softener. Salah satunya adalah helm Arai, namun dirinya tidak merekomendasikan helm premium lainnya dicuci menggunakan detergen. Meski demikian Mexvico menyarankan sebisa mungkin tidak menggunakan detergen.

Helm Arai

"Tetapi dari pengalaman kami di Belajar Helm, memang pemakaian detergen yang keras-keras itu tidak dianjurkan. Seperti detergen untuk cuci baju, lalu busanya direndam begitu, jangan. Karena detergen itu punya sifat yang keras dan juga panas," pungkas Mexvico.

   Baca Juga: Cara Mudah Bersihkan Batok Helm, Bisa Dilakukan Sendiri?

Menurutnya sifat detergen yang keras dan panas itu dapat merusak busa pada bagian helm. Sehingga jika tidak berani menggunakan detergen, ada baiknya mencuci menggunakan sabun bayi saja.

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id