Jangan Sepelekan Lampu-Lampu di Sepeda Motor Saat Musim Hujan

Jangan Sepelekan Lampu-Lampu di Sepeda Motor Saat Musim Hujan

 

Saat musim hujan, pengendara sepeda motor harus menyiapkan beberapa hal sebelum berkendara. Bukan hanya jas hujan, tetapi beberapa komponen motor juga harus diperhatikan. Salah satunya adalah lampu motor yang memiliki fungsi paling penting dalam keselamatan berkendara.

Jusri Pulubuhu selaku Instruktur Safety Riding di Jakarta Defensive Driving Consultant mengatakan lampu memiliki fungsi lain selain sebagai penerangan. Disebutkan lampu dapat digunakan sebagai alat komunikasi saat berkendara untuk memberi tahu pengendara lain. Sehingga fungsinya cukup penting, terutama ketika musim hujan.

   Baca Juga: Inspirasi Modifikasi, Konsep Royal Enfield Meteor 350 Bergaya Bobber

"Motor itu alat komunikasinya yang penting harus bekerja dengan baik. Alat komunikasi di motor itu yang kita tahu selama ini hanya klakson saja kan. Tetapi lampu-lampu adalah alat komunikasi yang lebih efektif dibandingkan klakson," ujar Jusri saat dihubungi OtoRider beberapa waktu lalu.

Berkendara Musim Hujan

Menurutnya ketajaman sinar lampu lebih cepat diterima dengan indra mata dibandingkan suara. Sehingga pastikan lampu-lampu bekerja dengan maksimal baik itu lampu utama, lampu sein, dan lampu rem. Selain itu Jusri juga menyarankan agar sistem kelistrikan dipastikan tidak terdapat masalah.

   Baca Juga: Desain Lampu Motor Sport Semakin Kecil, Bagaimana Faktor Keamanannya?

"Kedua sistem kelistrikan, sistem kelistrikan ini juga harus dipastikan bekerja dengan aman karena dia akan berpengaruh ke lampu," pungkasnya.

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id