Periksa Lagi Kondisi Rem Cakram Sepeda Motor Saat Musim Hujan

Periksa Lagi Kondisi Rem Cakram Sepeda Motor Saat Musim Hujan

 

Sistem pengereman memiliki peran paling penting dalam sebuah sepeda motor. Terutama di musim hujan, pengereman diharapkan dalam kondisi terbaiknya agar dapat mengurangi kecepatan motor. Oleh karenanya perlu perawatan dan perhatian lebih, lantas bagaimana memeriksanya?

"Hujan kerap turun menjelang akhir tahun ini, karenanya para pengendara sepeda motor perlu memperhatikan perawatan komponen motor. Salah satunya rem. Karena itu kami memberikan beberapa tips perawatan rem cakram agar dapat bekerja dengan baik," ujar Johannes BMS selaku Chief Yamaha DDS 3 Jawa Tengah - DIY dalam keterangan tertulis.

rem cakram

Johannes menyarankan usai menggunakan motor hujan-hujanan, ada baiknya membersihkan komponen pengereman. Caranya sederhana, cukup siram cakram dengan air bersih atau menggunakan brake cleaner yang direkomendasikan. Kemudian keringkan bagian yang dapat dijangkau dengan kain bersih sekaligus memutar roda.

   Baca Juga: Naik Motor Saat Hujan, Perhatikan Kondisi Tubuh dan Gaya Berkendara

"Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan lumpur yang menempel akibat terbawa air hujan yang dapat mengakibatkan karat dan rem menjadi seret," lanjut Johannes.

Tips Merawat Rem Cakram

Kemudian Johannes mengatakan pemilik harus mengenali suara yang timbul saat pengereman. Jika timbul suara berdecit, kemungkinan besar terdapat kotoran antara kampas rem dengan piringan cakram. Hal ini dapat mengurangi daya cengkram sehingga pengereman kurang maksimal.

   Baca Juga: Lebih Dekat dengan Fitur Assist & Slipper Clutch, Apa Itu?

"Selain itu adanya suara gesekan yang cukup keras, merupakan ciri kampas rem yang sudah mendekati limit batas ketebalan. Maka untuk penanganan hal ini disarankan melakukan penggantian kampas rem," pungkas Johannes.

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id