Sering Disepelekan, Berikut Pentingnya Saringan Udara di Motor

Sering Disepelekan, Berikut Pentingnya Saringan Udara di Motor

 

Saringan udara kerap menjadi komponen yang sering disepelekan para pengguna roda dua. Tak jarang komponen yang satu ini tidak segera diganti atau bahkan dilepas. Lantas apa fungsi dan pentingnya menggunakan saringan udara pada sepeda motor?

Agung Budi Raharja selaku Assistant General Manager Part Operation Division PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) memberikan penjelasannya. Menurut Agung pada proses pembakaran terdapat tiga unsur penting yakni udara, bahan bakar, dan pengapian. Ketiga unsur tersebut harus terjaga dengan baik kualitasnya agar menghasilkan pembakaran sempurna.

   Baca Juga: Jadi Salah Satu Komponen Penting, Berikut Fungsi Busi pada Motor

"Salah satu unsur yang harus diperhatikan agar memiliki kualitas yang baik adalah udara. Untuk itu diperlukan saringan udara yang berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang bakar di sebuah mesin," ujar Agung dalam keterangan tertulis.

Filter udara motor

Terkait hal itu, dibutuhkan kondisi saringan udara yang terawat dengan baik, bahkan diganti jika tidak layak digunakan lagi. Poin penting lainnya adalah menggunakan produk saringan udara yang direkomendasikan yang memiliki kualitas terpercaya dan terjamin keasliannya,” papar Agung.

   Baca Juga: Tips Perawatan Busi Motor, Kapan Harus Diganti?

Saringan udara yang kotor pun dapat menimbulkan masalah pada mesin motor bensin. Mulai dari bahan bakar menjadi lebih boros, suara mesin berubah, hingga tarikan motor terasa berat. Oleh karenanya, saringan udara perlu dibersihkan dan diganti secara berkala.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id