Ketahui Bahaya Mematikan Mesin Motor Menggunakan Standar Samping

Ketahui Bahaya Mematikan Mesin Motor Menggunakan Standar Samping
Selasa, 12 Januari 2021 13:00
Thio Pahlevi

Sejumlah fitur modern saat ini banyak tersemat pada motor-motor keluaran terbaru, salah satunya adalah sensor standar samping atau side stand switch. Fitur ini pun terdapat pada beberapa tipe motor, khususnya skuter matic. Lantas, apa fungsi dari fitur tersebut dan apa bahayanya jika sering mematikan mesin motor menggunakan side stand switch?

   Baca Juga: Hal-Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Nitrogen, Boleh Campur Angin Biasa?

Fitur side stand switch sendiri berfungsi untuk membuat motor tak bisa dinyalakan ketika posisi standar belum dinaikan. Selain itu, mesin motor juga akan otomatis mati ketika standar samping diturunkan. Hal ini berguna sebagai salah satu fitur keselamatan untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat berkendara.

All New Honda BeAT Series 2020

 

Alih-alih mematikan motor dengan kunci kontak, beberapa pengendara kerap menggunakan standar samping saat berhenti. Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Honda Bintang Motor, Cinere, Depok pun memberikan penjelasannya. Menurutnya, cara mematikan mesin seperti itu akan memiliki pengaruh pada komponen motor.

   Baca Juga: Sabun dan Semir Bisa Bikin Ban Motor Cepat Rusak? Ini Penjelasannya

"Biasanya berdampak umur aki akan lebih singkat karena kunci kontak masih dalam posisi on dan sistem kelistrikan otomatis masih bekerja," ujar Ribut pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Ribut menambahkan, meski terbilang jarang mengalami kerusakan, terdapat beberapa indikasi yang bisa diamati ketika fitur ini rusak. "Indikasinya itu motor mati-mati, bahkan motor enggak bisa nyala sama sekali," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.