Menelisik Fitur USB Charger pada Motor dari Sisi Safety Riding

Menelisik Fitur USB Charger pada Motor dari Sisi Safety Riding

Saat ini banyak motor keluaran pabrikan terutama skuter matic yang telah dilengkapi port USB charger. Fitur ini banyak membantu pengendara untuk mengisi daya gadgetnya. Akan tetapi amankah apabila fitur ini digunakan ketika berkendara?

Tamy Pratama selaku Instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Motora menyebutkan hal tersebut tergantung dari individu masing-masing. Menurutnya fitur tersebut bisa dimanfaatkan ketika dalam keadaan darurat. Seperti halnya ketika gadget sedang sangat dibutuhkan akan tetapi sudah tidak memiliki daya.

   Baca Juga: Inspirasi Modifikasi Warna Yamaha All New NMax 155

"Kalau menurut saya, itu kembali ke diri sendiri, alangkah baiknya saat menggunakan handphone (hp) hanya dalam keadaan penting. Kalau bisa tidak menggunakan hp ketika berkendara, karena fokusnya bisa bercabang," ujar Tamy saat ditemui dalam pertemuan secara virtual beberapa hari lalu.

Mudik Pantura

 

Menurut Tamy, berkendara motor yang aman harus tetap fokus kepada jalan. Dirinya menyarankan untuk berhenti terlebih dahulu jika hendak menggunakan hp saat terdapat pesan atau telepon yang penting. Jika sudah beres, pengendara bisa kembali melanjutkan ke jalan.

   Baca Juga: Teknik Pengereman yang Aman Ketika Berkendara di Saat Hujan

"Kalau bisa tidak menggunakan hp ketika berkendara, karena fokusnya bisa bercabang. Saya sarankan apabila ada pesan atau telepon penting, berhenti ke bahu jalan. Jika sudah beres, bisa kembali fokus ke jalan, jangan sampai mengoperasikan hp ketika jalan," tutupnya.

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id