Bikin Yamaha Lexi 155 cc Pakai Mesin Aerox, Bisa PNP?

Bikin Yamaha Lexi 155 cc Pakai Mesin Aerox, Bisa PNP?

 

Yamaha Lexi merupakan salah satu skutik Maxi yang dijajakan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Model yang satu ini memiliki kapasitas yang paling kecil, yakni hanya 125 cc. Kira-kira bisakah mesin Yamaha Lexi ditingkatkan menjadi 155 cc?

Ariyanto selaku pemilik bengkel Zona Speed, mengatakan untuk membuat Yamaha Lexi 155 cc bisa menggunakan blok seher dari Aerox. Menurut dia pemasangan Yamaha Lexi menggunakan blok seher dari Aerox masih plug and play (PNP). Sehingga tidak banyak yang perlu dirubah dari sagi mesinnya.

Yamaha Lexi

"Jadi kalau untuk pemasangan itu pnp, untuk blok sehernya kita pakai punya Aerox dan sehernya juga punya Aerox. Karena sebenarnya langkah antara Lexi dan Aerox kan sama, langkah setang pistonnya ya. Yang membedakan hanya diameternya saja," ujar Ari kepada OtoRider, Sabtu (3/7).

   Baca Juga: Catat! Bocoran Arti Kedipan Lampu Check Engine pada Motor Injeksi

Ia menuturkan sisanya seperti yang ada di cylinder head masih pnp saja. Menurutnya tidak ada perbedaan, baik dari segi baut ancer, klep, dan diameter intake. Perbedaan antara cylinder head  Lexi dan Aerox hanya ada pada camshaft alias noken as-nya saja.

Yamaha Aerox 155 VVA

"Semua sama, enggak ada bedanya, sama. Kalau head masih pakai punya Lexi, karena kalau head-nya sebenarnya masih sama persis. Yang membedakan hanya di jeroannya saja, cuma di bagian noken as saja," ujar pria yang juga memiliki blog otomotif Aripitstop itu.

   Baca Juga: Tak Perlu ke Bengkel, Berikut Cara Merawat Motor Sport Dari Rumah

Modifikasi ini, kata dia cukup sederhana, bahkan tidak perlu mengganti Electronic Control Unit (ECU). Sehingga, menurutnya masih bisa menggunakan ECU milik Lexi. Bengkel Zona Speed miliknya juga telah melakukan modifikasi Yamaha Lexi menjadi 155 cc menggunakan blok mesin dari Yamaha Aerox.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id