Motor Lama Tak Terpakai, Jangan Langsung Dinyalakan

Motor Lama Tak Terpakai, Jangan Langsung Dinyalakan
Kamis, 10 Juni 2021 08:00
Brian

Entah karena kesibukan, atau alasan lainnya banyak juga pemilik motor yang tak sempat menyalakan tunggangannya. Selain penyimpanan, ada juga hal yang patut diperhatikan sebelum langsung menyalakan motornya setelah sekian lama terdiam.

Pasalnya, meskipun sudah menambah tekanan angin atau memasang aki, tapi mesin jangan langsung dihidupkan. Hal ini justru bisa merusak mesin. Bahkan kemungkinan terburuknya mesin bisa mogok.

oprek motor bengkel tips vario 125 honda

Seperti dikatakan Joddy dari JDM Project yang berlokasi di Jatiwaringin, Jakarta Timur. "Motor yang lama nggak dipakai, jangan langsung dinyalakan mesinnya," katanya.

   Baca Juga: Cara Mengantisipasi Bahaya Blind Spot Saat Berkendara 

Menurutnya, jika langsung dinyalakan tanpa pergantian oli, ditakutkan mesin ngejam. Karena oli yang mengendap lama bisa jadi terlalu kental bahkan berubah bentuk menjadi seperti gel. Hal ini bakan menempel ke komponen mesin dan tak lagi berfungsi sebagai sistem pelumasan.

 All new honda BeAt esp

Lebih baik diganti dulu olinya. Dibuang oli lamanya,  ganti yang baru. Lakukan juga oil flushing dahulu. Caranya keluarkan oli mesin lama, isi oli baru untuk sekadar memanaskan mesin. 

   Baca Juga: 4 Inspirasi Modifikasi Yamaha XSR 155, Mau Coba?

Setelah itu, menurut Joddy bisa diikuti dengan melakukan servis dan engine flush. Baru ganti oli kembali. Dengan langkah tersebut, kondisi motor akan kembali segar dan potensi mesin nge-jam karena oli terlalu kental bisa dihindari.

Reporter: Ilham

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.