Perhatikan Kelayakan Ban Sepeda Motor Sebelum Berkendara

Perhatikan Kelayakan Ban Sepeda Motor Sebelum Berkendara

Mengendarai sepeda motor tentunya harus memperhatikan sejumlah faktor keselamatan. Salah satu faktor keselamatan adalah menggunakan riding gear yang lengkap. Selain itu kondisi ban sepeda motor juga perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan.

Ban merupakan komponen yang cukup penting dari sebuah sepeda motor. Komponen ini berfungsi untuk membuat kendaraan bisa melaju, memberikan traksi, hingga menjadi faktor keseimbangan motor. Jika kondisi ban tidak prima, maka bisa membahayakan pengendaranya.

Tips Ban Motor

 

"Adanya permasalahan pada ban sepeda motor akan menimbulkan potensi bahaya baik bagi diri sendiri maupun orang lain," ujar Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora dalam keterangan tertulis.

   Baca Juga: Bagian Motor Listrik yang Perlu Diperhatikan Ketika Terkena Air

Ban yang berbahaya biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti tekanan angin, usia pakai, hingga kondisi ban aus. Pertama untuk memeriksanya bisa melakukan pengecekan tekanan angin. Jika tekanan angin terasa kurang dapat menyebabkan gesekan tinggi sehingga ban cepat panas dan robek.

Ban FDR Hover

 

Selanjutnya, karena ban terbuat dari karet elastis maka ketika mencapai usia 4 tahun atau pemakaian di atas 40.000 km sebaiknya cepat diganti. Terakhir, ban yang sudah aus atau tipis juga harus segera diganti karena daya traksi sudah dipastikan berkurang sehingga mudah tergelincir.

   Baca Juga: Knalpot All New Honda CBR150R Berubah, Bisakah Digunakan Model Lama? 

“Pemilik sepeda motor wajib mengetahui kelayakan ban sepeda motor yang masih bisa digunakan dan kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban sepeda motor,” ungkap Ludhy.

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id