Serba-Serbi Fitur TCS pada Yamaha All New NMax 155 Connected/ABS

Serba-Serbi Fitur TCS pada Yamaha All New NMax 155 Connected/ABS
Rabu, 13 Oktober 2021 12:00
Thio Pahlevi

Yamaha All New NMax 155 Connected/ABS resmi meluncur sejak penghujung 2019 lalu. Salah satu skutik Maxi Yamaha ini telah dilengkapi dengan beragam fitur modern, di antaranya Traction Control System (TCS). Nah, sudah tahu belum fitur apakah itu?

Antonius Widiantoro selaku Manager Public Relation, YRA & Community, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg pun memberikan penjelasan. Menurutnya, generasi terbaru NMax 155 telah dilengkapi beragam fitur unggulan yang dapat membuat skutik ini lebih mudah dikendalikan di berbagai kondisi jalan.

   Baca Juga: Berburu CBR250RR, R25, dan Ninja 250? Simak Harga Terbaru Oktober 2021

"Khusus untuk TCS sendiri, fitur yang banyak dijumpai pada motor berkapasitas mesin besar ini mampu menjaga traksi ban tetap optimal sehingga pengendara tidak perlu khawatir ketika melintasi permukaan jalan yang licin," jelas Antonius Widiantoro dalam keterangan resmi yang diterima OtoRider.

Yamaha NMax 155 2019

Lantas, bagaimana cara kerja serta fungsi dari fitur TCS ini? Secara teknis, fitur TCS berfungsi mencegah ban belakang kehilangan traksi atau selip saat motor sedang berakselerasi di permukaan jalan yang licin, seperti jalan berpasir atau yang basah akibat guyuran hujan.

   Baca Juga: Masuk Kalender Balap MotoGP 2022, Bagaimana Kesiapan Mandalika?

Cara kerja fitur ini memanfaatkan perangkat speed sensor yang membaca kecepatan putaran roda depan maupun belakang. Ketika sensor mendeteksi adanya perbedaan kecepatan, maka informasi tersebut akan langsung dikirimkan ke ECU dan kemudian bakal meresponnya dengan mengurangi putaran mesin.

Langkah mengurangi putaran mesin ini sendiri dilakukan dengan dua cara, yaitu memundurkan waktu pengapian atau ignition delay dan mengurangi suplai bensin ke ruang pembakaran. Pada mode default atau setelan pabrikan, fitur TCS pada All New NMax 155 Connected/ABS dalam kondisi menyala atau aktif. 

Fitur ini dapat dimatikan dengan cara menekan tombol switch control yang ada di kiri stang kemudi. Setelah itu menu pilihan On dan Off-nya dapat dilihat pada tampilan layar speedometer.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.