Tak Perlu ke Bengkel, Berikut Cara Merawat Motor Sport Dari Rumah

Tak Perlu ke Bengkel, Berikut Cara Merawat Motor Sport Dari Rumah

 

Sudah banyak diketahui bahwa perawatan motor sangat penting untuk dilakukan oleh pemiliknya. Termasuk pada motor sport yang banyak diandalkan dari segi performanya. Jika tidak dirawat, performa motor tentunya akan berubah atau mengalami penurunan.

Riyadi Prihatono selaku Manager Service CS Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan sejumlah tips perawatannya. Tips perawatan yang diberikan pun cukup mudah, sehingga tidak perlu ke bengkel dan dapat dilakukan di rumah. Dengan demikian, mengendarai motor sport akan tetap menyenangkan dan lancar.

"Konsumen wajib mengetahui berbagai komponen yang perlu diperhatikan dan memahami cara pengecekannya. Untuk itu, kami memberikan beberapa panduan yang dapat diikuti agar kondisi motor tetap terjaga dengan baik,” ujar Riyadi dalam keterangan tertulis yang diterima OtoRider.

All New Yamaha R15 Modifikasi Balap

Pertama cek bahan bakar mulai dari tangki hingga saluran selang, pastikan tidak ada kebocoran, sumbatan, retak, ataupun rusak. Periksa juga ketinggian oli mesin menggunakan stik oli dan periksa jika ada kebocoran di sekitar mesin. Jangan lupa untuk mengecek cairan pendingin di reservoir dan cek kebocoran, jika cairan berkurang dapat ditambahkan.

   Baca Juga: Cara Menyimpan Motor yang Benar di Rumah Saat PPKM Darurat

Riyadi juga menyarankan bagian pengereman agar tidak luput dari perhatian, mulai dari periksa minyak rem, ketebalan kampas, dan kebersihannya. Periksa kembali gerak bebas dari tuas kopling, pastikan perpindahan gigi normal dan setel kembali jika diperlukan. Bagian rantai juga perlu diperiksa agar tidak kendur dan gunakan pelumas rantai yang disarankan.

Modifikasi Yamaha R25 Abirawa-Footstep

Bagian komponen ban juga harus diperiksa secara detail, pastikan tekanan dan alur ban tidak terdapat masalah. Tekanan ban yang normal disarankan adalah 29 psi untuk depan dan 33 psi untuk belakang. Selain itu cek juga kondisi aki dengan menggunakan starter atau klakson, jika keduanya berfungsi maka aki terbilang masih baik.

   Baca Juga: Ternyata Rantai Harus Dibersihkan Sebelum Diberi Pelumas

Terakhir pastikan penyimpanan motor berada dalam kondisi ideal, bersihkan motor dari debu dan kotoran lainnya secara rutin. Jika motor terkena hujan, sebaiknya langsung dicuci agar menghindari karat pada komponennya. Pemilik juga dapat melumasi lubang kunci, tutup tangki, dan beberapa bagian lainnya agar tidak terjadi masalah.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id