Tips Menjaga Fisik dan Konsentrasi Saat Berkendara Motor di Bulan Puasa

Tips Menjaga Fisik dan Konsentrasi Saat Berkendara Motor di Bulan Puasa
Rabu, 14 April 2021 12:00
Thio Pahlevi

Berpuasa menjadi salah satu ibadah yang dilakukan di bulan Ramadan, khususnya bagi umat muslim. Meski menjalani puasa, aktivitas sehari-hari pun tetap dilakukan, antara lain mobilitas menggunakan motor. Oleh sebab itu, kondisi fisik dan konsentrasi ketika berkendara tetap perlu diperhatikan.

Merespons hal tersebut, Yamaha Riding Academy memberikan beberapa tips yang dapat diterapkan ketika menggunakan motor saat berpuasa. Hal ini diklaim perlu diperhatikan, terutama di awal bulan puasa karena tubuh manusia mengalami proses adaptasi, lalu dibutuhkan fisik yang bugar dan konsentrasi di jalanan.

   Baca Juga: Perdana Tunggangi Aprilia RS-GP, Dovizioso: Ini Motor yang Mudah

"Tetap jaga kesehatan dan selalu safety riding saat mengendarai sepeda motor, serta jalankan protokol kesehatan demi kepentingan kita bersama. Yamaha Riding Academy memberikan beberapa tips yang dapat digunakan, khususnya oleh pengendara sepeda motor di bulan puasa ini," ujar Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Fun Touring Generasi 125 Yamaha

 

Lantas, apa saja yang perlu dilakukan? Pertama, persiapkan makanan ringan untuk di jalan jika tiba waktunya berbuka namun pengendara motor masih berada di perjalanan menuju tempat tinggal. Selanjutnya, saat berkendara jarak jauh, jika fisik mulai lelah sebaiknya istirahat dahulu di area yang nyaman.

Di awal puasa biasanya jalan lebih padat saat sore hari menjelang waktu buka puasa, jadi tetap jaga konsentrasi dan jarak aman. Ketika pulang dari aktivitas pekerjaan, disarankan pengendara sudah bisa menentukan area untuk berhenti jika mengharuskan berbuka di jalan.

   Baca Juga: Ternyata Oli Shockbreaker Perlu Rutin Diganti, Kira-Kira Kapan Waktunya?

Lebih lanjut, hindari berkendara dengan terburu-buru demi mengejar waktu berbuka di rumah. Waspada jika melewati area yang ramai saat menjelang buka puasa. Ketika tiba waktu berbuka namun masih di perjalanan, harus tetap berhati-hati dalam mencari tempat untuk berhenti. Dihimbau agar jangan parkir di tepi jalan guna menghindari tertabrak pengendara lain karena kondisi jalan yang ramai.

Di masa wabah Covid-19 saat ini, dianjurkan tetap menerapkan aturan protokol kesehatan. Hal ini meliputi jaga jarak serta membawa dan menggunakan masker, hand sanitizer, juga sabun cuci tangan. Terakhir, selalu menerapkan safety riding dalam berkendara, mulai dari memakai safety gear yang sesuai, menjaga jarak aman, mengenakan perlengkapan berkendara berwarna terang, dan memeriksa kondisi motor.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.