7 Tips Berkendara Saat Cuaca Hujan, Apa yang Perlu Diperhatikan?

7 Tips Berkendara Saat Cuaca Hujan, Apa yang Perlu Diperhatikan?
Selasa, 29 November 2022 23:50
Thio Pahlevi

Musim hujan telah memasuki sejumlah daerah di Indonesia. Bagi para pengendara motor, tentunya perlu menyiapkan beberapa perlengkapan. Satu di antaranya adalah membawa jas hujan. Selain itu, terdapat sejumlah hal yang harus diperhatikan agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

Muhammad Arief selaku Instruktur Yamaha Riding Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) membagikan tips berkendara di kala cuaca hujan. Tercatat, terdapat tujuh hal yang perlu dipahami oleh para pengendara motor.

   Baca Juga: Simak! Ini Tanda Baterai Remote Keyless Motor Sudah Mulai Lemah

Pertama, pastikan kondisi motor dalam keadaan baik sebelum digunakan. Cek kondisi rem, ban, dan lampu-lampu sebelum berkendara, khususnya lampu depan, belakang, rem, sein serta hazard agar mudah terlihat oleh pengendara lain. Hindari juga berkendara dengan ban yang sudah aus atau gundul karena kondisi jalan saat hujan lebih licin.

Yamaha Gear 125

Selanjutnya, pahami rute yang akan dilalui. Ketiga, disarankan menggunakan jas hujan model setelan (atasan dan bawahan), helm dengan visor bening, sarung tangan, dan sepatu karet. Hindari menggunakan jas hujan model ponco dan berkendara memakai sandal.

   Baca Juga: Remote Keyless Motor Hilang? Duplikat Saja, Segini Biayanya

Keempat, selalu jaga jarak dan operasikan motor secara halus agar terhindar dari pengereman mendadak yang berpotensi slip. Kemudian, hindari genangan air yang terlalu tinggi atau banjir supaya air tidak masuk ke dalam mesin untuk mencegah potensi mesin mati dan rusak.

Keenam, lebih baik hentikan motor dan berteduh jika hujan terlalu lebat dan menyebabkan jarak pandang terganggu. Terakhir, pengendara disarankan membersihkan motor agar terhindar dari kotoran yang berpotensi menyebabkan karat usai berkendara di cuaca hujan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.