Simak! Ini Tanda Baterai Remote Keyless Motor Sudah Mulai Lemah

Simak! Ini Tanda Baterai Remote Keyless Motor Sudah Mulai Lemah

 

Sistem keyless pada motor dibekali komponen remote yang berfungsi sebagai sensor pengirim sinyal agar kelistrikan motor bisa menyala. Remote keyless pakai baterai sebagai sumber tenaga untuk menjalankan fungsinya. 

Seiring pemakaian, baterai remote keyless motor tentu akan melemah dan habis. Jika baterai remote motor mulai lemah, salah satu gejalanya bisa ditandai dengan semakin sulitnya remote terdeteksi oleh motor.

   Baca Juga: Remote Keyless Motor Hilang, Bisa Diduplikat atau Ganti Satu Set?

Ciei Baterai Remote Keyless Lemah

"Kondisi baterai sudah mulai melemah biasanya itu, remote jadi kurang sensitif," ujar Ian, Pemilik Tian Kunci yang merupakan bengkel spesialis kunci saat disambangi OtoRider di kawasan Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Umumnya jika kondisi baterai masih dalam kondisi baik, motor dapat membaca remote dari jarak satu hingga dua meter. "Baterai remote mulai lemah dari jarak dekat pun kunci kontak tidak langsung merespon," jelas Ian.

Ciei Baterai Remote Keyless Lemah

   Baca Juga: Bisa Dilihat Secara Kasat Mata, Ini Ciri Helm Palsu atau Tiruan

Jadi, intinya kalau remote susah terkoneksi ke motor, itu tandanya bisa jadi baterai mulai lemah. "Makanya lebih baik bawa baterai cadangan, supaya tidak mengalami masalah ketika di jalan. Kalau sudah terjadi (habis baterai) motor enggak akan nyala," tutur Ian.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id