Agar Tetap Nyaman, Begini Teknik Bawa Motor Trail di Medan Off-Road

Agar Tetap Nyaman, Begini Teknik Bawa Motor Trail di Medan Off-Road
Senin, 10 Oktober 2022 15:00
Afrizal Abdul Rahman

Menunggangi motor trail saat off-road ternyata membutuhkan teknik yang benar agar tetap aman, baik cuaca hujan atau melewati jalur yang curam. Salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu posisi berkendara.

Hal ini turut dijelaskan oleh Muhammad Arief selaku Trainer Yamaha Riding Academy (YRA). Menurutnya, posisi yang benar yaitu siku harus keluar dan lutut mendekap tangki.

   Baca Juga: Ban Baru Punya Rambut, Ternyata Ini Sebab dan Fungsinya

"Pandangan harus luas dan fokus ke depan, tangan juga harus rileks. Posisi duduk juga harus di tengah serta kaki ke depan dan footstep di tengah telapak kaki," katanya saat ditemui di Sentul, Bogor baru-baru ini.

Off-Road

Pada posisi menikung dan berdiri juga ada teknik tersendiri. Menurutnya, pada saat menikung posisi tangan lurus dan posisi duduk lebih maju. Selain itu, kaki bagian dalam keluar dan tetap mendekap ke area tangki. 

"Kalau berdiri pinggul lebih ke belakang, angkat kepala dan pandangan tetap fokus ke depan. Pusat gravitasi akan ada di kaki dan lutut tetap mendekap ke tangki," tambahnya. 

Off-Road

   Baca Juga: First Ride: Polytron EVO Electric, Motor Listrik yang Ada Radionya

Ketika menemui jalur yang menanjak, Arief menyarankan agar posisi badan condong ke depan dan lutut sesekali bisa menekuk untuk suspensi. Sementara saat melewati jalan yang menurun, ia menyarankan untuk posisi badan lebih ke belakang. "Lutut harus menyiku untuk suspensi, dan tangan lurus tapi harus tetap rileks," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.