Pemilik Vespa Matic Wajib Tahu, Kunci Warna Ini Jangan Sampai Hilang!

Pemilik Vespa Matic Wajib Tahu, Kunci Warna Ini Jangan Sampai Hilang!

 

Salah satu skutik yang sudah dibekali dengan sistem kunci immobilizer yaitu Vespa. Bagi pemilik Vespa matic biasanya mendapatkan dua jenis kunci saat membeli baru.

Dua jenis kunci itu dibedakan dari warnanya, yakni coklat dan biru. Hal yang terpenting yaitu jangan sampai hilang salah satunya. "Untuk kunci Vespa matic yang warna coklat jangan sampai hilang, karena itu master kuncinya," Ujar Ian, Pemilik Tian Kunci saat ditemui OtoRider di Cilodong, Depok, Jawa Barat.

   Baca Juga: Awas! Hal Ini Bisa Bikin Kunci Kontak Motor Macet Saat Musim Hujan

Kunci Vespa Immobilizer

Pasalnya, kunci kontak berwarna coklat terdapat kode yang terhubung dengan ECU. "Kode tersebut berfungsi untuk membaca sistem immobilizer antara kunci, rumah kunci, dan ECU yang saling sinkron untuk menghidupkan mesin motor," ucap Ian.

Jadi, ECU membaca kecocokan kode yang ada di kunci. Kalau kodenya berbeda, mesin tidak bakal bisa hidup. "Kunci berwarna coklat ini berfungsi untuk menyalin kode, jika kunci yang biru hilang atau rusak," jelas Ian.

Kunci Vespa Immobilizer

Bila kunci biru hilang umumnya tinggal diganti dengan yang baru dan di-copy kodenya dari kunci coklat. "Kalau di bengkel resmi kunci yang warna coklat hilang harus ganti sekaligus ECU-nya, bila kunci yang biru rusak atau hilang," terangnya.

   Baca Juga: Tips Perawatan Dashboard Setelah Pemakaian Diton Dashboard Coating

Ian menuturkan bagi yang mengerti tentang Vespa matic pasti tahu, kalau kunci yang warna coklat hilang harga motornya pasti akan jatuh. "Kalau dijual lagi biasanya Vespa maticnya bakal jatuh harganya, jika master kunci yang warna cokelat hilang," tutupnya.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id