Sering Habis Bensin di Motor Injeksi Bikin Fuel Pump Rusak, Benarkah?

 Sering Habis Bensin di Motor Injeksi Bikin Fuel Pump Rusak, Benarkah?
Minggu, 18 Desember 2022 13:45
Ruslan Abdul Gani

Saat ini hampir semua motor keluaran terbaru dibekali dengan sistem bahan bakar injeksi. Pada injeksi sistem keluarnya bahan bakar diatur secara elektrik berdasarkan sensor-sensor.

Biasanya untuk mengalirkan bensin pada mesin injeksi sudah tidak mengandalkan gravitasi, tapi sudah ada pompanya. Pompa ini bertugas menyedot bensin untuk dialirkan ke mesin. Komponen tersebut juga dikenal sebagai fuel pump.

   Baca Juga: Awas! Ini Bahaya Semprot Injector Cleaner Lewat Lubang Filter Udara

Sering Habis Bensin di Motor Injeksi Bikin Fuel Pump Rusak

Seiring pemakaian, fuel pump bisa mengalami kerusakan. Bahkan, ada yang bilang sering kehabisan bensin bisa menjadi penyebab utamanya. Lalu, apa benar demikian?

Budiman selaku Service Advisor Yamaha Harapan Motor Beji, Depok mengatakan jika sering mengalami kehabisan bensin memang bisa membuat fuel pump rusak. "Fuel pump ini bekerja untuk menghisap bahan bakar. Jadi kalau sering kehabisan bensin bisa rusak," ujar Budiman saat disambangi OtoRider di Depok, Jawa Barat.

All New Honda Beat 2016 Tangki Bensin

Lebih lanjut, Budiman menerangkan pada saat kondisi bensin habis, yang disedot oleh fuel pump itu angin atau udara. "Jadi, kalau fuel pump sering dibiarkan menyedot angin tentunya akan panas dan membuat tekanannya menjadi lemah. Hal itu ibaratkan pompa air yang dibiarkan tidak menyedot air, maka akan panas dan terbakar komponennya," ucap Budiman.

   Baca Juga: Kunci Magnet Motor Sudah Rusak, Ganti Satu Set atau Bisa Diduplikat?

Jadi, jika sering membiarkan bensin habis di motor injeksi memang benar akan membuat fuel pump rusak. "Kalau sekali saja sih tidak masalah, tapi jika sering membiarkan bensin habis pasti fuel pump bakal rusak," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.