Awas Rem Blong! Berikut Tips Melewati Turunan Pakai Motor Matic

Awas Rem Blong! Berikut Tips Melewati Turunan Pakai Motor Matic

 

Motor bertransmisi otomatis atau matic menjadi kendaraan yang cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Keunggulan motor matic salah satunya adalah menawarkan kemudahan dalam berkendara harian. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengguna motor matic.

Satu di antaranya ketika melewati jalan menurun yang cukup panjang. Nah, tim Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta pun memberikan tips pengereman motor matic di jalur turunan.

   Baca Juga: Ramaikan Ajang MXGP Samota, Yamaha Gelar WR 155R bLU cRU Fun Riding

Pertama, diwajibkan untuk selalu memakai perangkat keselamatan saat berkendara motor seperti helm, jaket lengan panjang, celana panjang, sarung tangan, dan sepatu. Selain itu, pastikan kondisi tubuh sehat dan motor dalam keadaan prima. Selanjutnya, pelajari rute yang akan dilewati.

Yamaha Gear 125

Tips berikutnya adalah pastikan sistem pengereman motor dalam kondisi baik, mulai dari ketebalan kampas rem hingga volume serta kualitas minyak rem. Jaga kecepatan yang aman agar mudah untuk mengendalikan motor.

Gunakan rem depan dan belakang secara bersamaan saat melakukan pengereman. Hindari mengerem secara mendadak dan keras yang berpotensi akan membuat ban mudah slip.

Yamaha All New NMax 155 Connected/ABS

Pastikan posisi tubuh yang tepat saat melakukan pengereman, antara lain badan agak tegak, pandangan luas ke depan, lengan dan bahu rileks, genggaman tangan di setang motor cukup kuat juga rileks serta gunakan jari tangan Anda untuk menarik tuas rem dengan kekuatan jari yang cukup (2-4 jari).

   Baca Juga: Adira Finance Tawarkan Program Tukar Tambah Motor di Jakarta Fair 2022

Terakhir, dalam kondisi jalan menurun yang panjang, hindari penggunaan rem secara terus-menerus dalam waktu yang lama. Hal ini dapat membuat perangkat pengereman panas, yang menyebabkan kekuatan rem berkurang. Jika kekuatan rem dirasa berkurang, sebaiknya berhenti sejenak agar kondisi suhu rem turun dan kekuatan rem bisa kembali.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id