Benarkah Selang Rem Racing Lebih Bagus dari Orisinal Pabrik?

Benarkah Selang Rem Racing Lebih Bagus dari Orisinal Pabrik?
Kamis, 4 Agustus 2022 12:00
Ruslan Abdul Gani

Pada peranti pengereman sistem hidrolik kinerjanya dibantu oleh beberapa komponen, antara lain yaitu selang rem. Selang rem ini berfungsi sebagai penyalur minyak rem yang menghantarkan tekanan dari master rem ke kaliper.

Biasanya tersedia juga selang rem aftermarket atau racing yang dijual di pasaran. Lantas, apa bedanya dengan selang rem bawaan pabrik?

   Baca Juga: Berpapasan dengan Kendaraan Berlampu Menyilaukan, Apa yang Harus Dilakukan?

“Bedanya selang rem bawaan pabrik dengan racing itu dari bahan dasar yang digunakan. Kalau orisinal pabrikan itu kan kebanyakan dari karet, sedangkan racing kaya merek KTC Kytaco sudah pakai anyaman besi,” ucap Eko, Teknisi dari KTC Kytaco Indonesia.

Apa Benar Selang Rem Racing Lebih Bagus Dari Orisinal Pabrik?

Perbedaannya kalau selang rem yang berbahan karet tentunya akan mudah memuai dan tidak tahan terhadap suhu yang lebih tinggi. ”Selain itu, selang rem racing sudah ada yang DOT 5.1, kalau pabrikan umumnya DOT 3,” ujar Eko saat ditemui OtoRider di Jalan Griya Utama No.38-39, Sunter, Jakarta Utara. 

   Baca Juga: Biaya Ubah Rem Belakang Scoopy Jadi Hidrolik

Semakin tinggi nilai DOT pada minyak rem, maka semakin tinggi juga titik didihnya. Oleh karena itu, dibutuhkan selang rem yang mampu menahan panas tinggi agar tidak memuai.

Selang rem racing yang sudah berbahan anyaman besi dan bernilai DOT 5 tentunya bisa memberikan performa pengereman lebih stabil, dibandingkan selang rem berbahan karet serta DOT 3.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.