Berikut Sejumlah Tips Touring Motor Agar Aman dan Nyaman

Berikut Sejumlah Tips Touring Motor Agar Aman dan Nyaman

 

Touring menjadi kegiatan yang banyak diminati para pecinta roda dua. Perjalanan jarak jauh menggunakan sepeda motor tentunya harus memperhatikan faktor keamanan. Namun banyak yang lupa, touring dalam jarak yang jauh juga harus memperhatikan faktor kenyamanan pengendara.

Eddi Brokoli selaku Brand Ambassador Eiger Adventure memberikan sejumlah tips untuk pecinta touring motor di Indonesia. Menurut Eddi, salah satu yang terpenting dalam touring jarak jauh adalah pemilihan apparel. Menurutnya apparel berkendara harus aman sesuai standar keamanan dan juga nyaman digunakan dalam waktu yang lama.

   Baca Juga: Pakai Basis Mesin Serupa PCX 160, Area CVT Honda Vario 160 Berbeda?

"Karena kita negara dengan dua musim, kemarau dan hujan. Jadi Indonesia ini, sekemarau-kemaraunya, pasti ada hujan, hujan sepanjang tahun. Walaupun kemarau, jas hujan harus selalu dibawa saat touring jarak jauh," ujar Eddi dalam pertemuan secara daring, Senin (14/2).

Touring Royal Enfield

Kemudian Eddi menyarankan untuk menggunakan sepatu berkendara yang aman dengan pelindung sampai di atas mata kaki. Selain itu perhatikan penggunaan jaket saat touring sepeda motor. Disinilah menurut Eddi salah satu apparel yang membutuhkan keamanan dan kenyamanan.

   Baca Juga: Cegah Kerusakan! Ini 3 Tips Merawat Aki Motor Tanpa Perlu ke Bengkel

"Paling simpel adalah jaket, sebagai penahan angin. Pertama riding gear harus nyaman dan aman, kalau mau aman tapi ga nyaman ya jadinya nyelakain. Mungkin ada yang terlalu teknis, semuanya dipakai mungkin aman kelihatannya tapi malah menyulitkan bisa jadi mencelakakan," pungkasnya.

Namun yang tidak kalah penting adalah helm, menurutnya helm menjadi nyawa daripada pengendara itu sendiri. Sementara jika pada motor, perhatikan kondisi ban. Karena menurutnya ban menjadi salah satu nyawa pada sepeda motor saat berkendara jarak jauh.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id