Biar Enggak Licin, Ini Pilihan Alur Ban yang Cocok saat Musim Hujan

Biar Enggak Licin, Ini Pilihan Alur Ban yang Cocok saat Musim Hujan

 

Musim hujan nampaknya telah memasuki sejumlah wilayah di Indonesia, khususnya di Jakarta. Tentu ada banyak hal yang harus diperhatikan pengendara ketika membawa kendaraan dengan kondisi cuaca hujan. 

Salah satu yang penting diperhatikan yaitu penggunaan jenis ban. Ketika hujan datang, jalanan akan basah dan lebih licin daripada saat kering. Hal ini dapat menyebabkan masalah jika tak berhati-hati. 

   Baca Juga: Tips Lakukan Pengereman Motor Bagi Pengendara Pemula

Ada beberapa jenis ban yang direkomendasikan untuk musim hujan. Lantas, apa saja? Dikutip dari berbagai sumber, berikut penjelasannya. 

Ban motor

Banyakalur

Jenis ban dengan alur yang lebih banyak bisa membuat ban tak mudah licin. Hal ini dikarenakan alur tersebut dapat memecah air dan menghindari terjadinya slip saat berkendara. Beberapa produsen ban pun menawarkan beragam jenis dengan harga yang bervariasi.

Polakembangan 

Pernah dengar pola kembangan pada ban? Ya, pola ini ternyata cukup berpengaruh saat musim hujan. Pola ini berfungsi untuk menghindari terjadinya slip saat berkendara.

   Baca Juga: Biar Masyarakat Taat Pajak, Biaya Balik Nama Motor Bekas Bakal Dihapus

Selain itu, pola ini juga direkomendasikan untuk cuaca kering sekalipun. Karena, cengkeraman yang ditawarkan sangat erat dengan jalan dan membuat Anda tetap nyaman. 

"Pola kembangan berpengaruh pada cuaca basah, dengan alur tersebut dapat memecah air dalam kondisi basah atau genangan," kata Andri Febriyanto, pemilik Gallery Ban Palembang saat dihubungi OtoRider baru-baru ini.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id