Biaya Duplikat Immobilizer Vespa Matic, Tergantung Warna Kuncinya

Biaya Duplikat Immobilizer Vespa Matic, Tergantung Warna Kuncinya
Sabtu, 10 Desember 2022 10:00
Ruslan Abdul Gani

Salah satu tipe motor yang dibekali dengan fitur kunci immobilizer yaitu Vespa matic. Secara fisik, immobilizer dengan kunci biasa memang tidak terlihat adanya perbedaan. Namun, bedanya hanya terletak pada fitur keamanan yang lebih canggih. 

Biasanya saat pembelian Vespa matic, konsumen bakal mendapatkan dua buah anak kunci, yakni warna coklat dan biru. Lantas, berapa harga duplikat kunci di bengkel spesialis apabila hilang atau rusak?

   Baca Juga: Efek Pakai Oli Mobil untuk Motor, Bagaimana Dampaknya?

Kunci Vespa Immobilizer

Ian selaku Pemilik Tian Kunci menjelaskan harga duplikat kunci immobilizer milik Vespa matic tergantung dari warna kuncinya. "Kalau hanya kunci warna biru yang hilang dan coklat masih ada itu harganya lebih murah ketimbang keduanya hilang," ujar Ian saat disambangi OtoRider di Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Ian menambahkan kunci Vespa matic berwarna coklat merupakan kunci master, sedangkan kunci berwarna biru adalah kunci valet. "Fungsi kunci coklat ini untuk menyalin kode chip ke kunci yang biru apabila diduplikat dengan yang baru," ucapnya.

Bedanya Kunci Immobilizer dengan kunci Biasa

Jadi, untuk biaya duplikat kunci immobilizer di Vespa matic bila ada kunci masternya hanya sekitar Rp 500 ribuan. "Sedangkan Vespa matic yang enggak ada kunci master atau coklat, biaya duplikatnya lebih mahal yaitu sekitar Rp 1 jutaan," jelasnya.

Ian membeberkan jika master kunci berwarna coklat hilang, umumnya di bengkel resmi tidak bisa diduplikat. "Tidak bisa diduplikat, harus ganti satu set dengan Engine Control Unit (ECU)-nya juga," terangnya.

   Baca Juga: Terlihat Mirip, Apa Bedanya Kunci Kontak Biasa dengan Immobilizer?

"Tapi kami bisa tanpa mengganti ECU-nya dengan cara menggunakan alat khusus. Caranya ECU harus dilepas dan dibaca kode immobilizer-nya pada kunci master yang hilang, baru bisa disalin ke anak kunci baru," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.