Jangan Dianggap Sepele! Ini Tanda Oli Mesin Motor Sudah Habis

Jangan Dianggap Sepele! Ini Tanda Oli Mesin Motor Sudah Habis
Selasa, 20 Desember 2022 13:15
Afrizal Abdul Rahman

Oli mesin menjadi salah satu komponen penting untuk setiap kendaraan. Untuk itu, pemilik wajib menggantinya agar mesin memiliki usia pakai yang panjang. 

Namun, tak sedikit pemilik kendaraan yang lupa mengganti oli mesin. Alhasil, tak ada setetes pun oli yang tersisa di dalam mesin. Ternyata ada beberapa kondisi yang dapat Anda rasakan ketika oli motor sudah habis.

   Baca Juga: Kunci Magnet Motor Sudah Rusak, Ganti Satu Set atau Bisa Diduplikat?

"Kalau yang tidak tahu kondisi biasanya dibiarkan saja karena oli habis motor tetap bisa jalan," kata Budiman, Service Advisor Yamaha Harapan Motor Beji, Depok, Jawa Barat kepada OtoRider baru-baru ini.

Beberapa Ciri Oli Mesin Sudah Harus Diganti

Budiman mengatakan ada beberapa tanda bahwa oli kendaraan sudah habis. Di antaranya seperti suara mesin yang menjadi lebih kasar. 

   Baca Juga: Berburu Yamaha Fazzio Hybrid-Connected? Berikut Harga Terbarunya

"Selanjutnya itu jangan salah kalau tarikan motor lebih enteng, bisa jadi karena oli sudah habis. Karena di dalam mesin poros engkol tidak terhambat oleh oli," tambahnya. 

Kondisi ini tentu akan berdampak negatif untuk kendaraan, karena tak ada pelumas yang melicinkan mesin. "Jangan kaget kalau oli sudah habis lalu diganti dengan yang baru, karena biasanya itu lebih boros," ucap Budiman.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.