Terlihat Mirip, Apa Bedanya Kunci Kontak Biasa dengan Immobilizer?

Terlihat Mirip, Apa Bedanya Kunci Kontak Biasa dengan Immobilizer?

 

Saat ini masih belum banyak motor yang dibekali dengan jenis kunci immobilizer. Salah satu tipe motor yang menggunakan fitur kunci tersebut yakni Vespa. 

Bila dilihat secara tampilan, kunci immobilizer dengan kunci biasa tidak terlihat adanya perbedaan. Namun, bedanya terletak pada fitur keamanan yang lebih canggih. 

   Baca Juga: Awas! Karena Hal Sepele Ini, Kunci Kontak Motor Jadi Gampang Kendur

Bedanya Kunci Immobilizer dengan kunci Biasa

Ian selaku Pemilik Tian Kunci menjelaskan kunci immobilizer itu terdapat chip pada anak kuncinya. "Chip-nya itu ada di bagian dalam anak kuncinya, akan kelihatan jika dibuka," ujar Ian saat disambangi OtoRider di Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Chip tersebut berfungsi untuk mensinkronisasi antara kedua frekuensi guna menyalakan mesin motor. "Mesin bisa hidup jika sinyal dari chip yang ada di anak kunci bertemu dengan rumah kuncinya," ucap Ian.

Bedanya Kunci Immobilizer dengan kunci Biasa

Kemudian, modul immobilizer tersebut juga terhubung dengan Engine Control Unit (ECU) untuk membaca kodenya. "Modul immobilizer dengan ECU itu saling berkomunikasi. Jika ECU mendeteksi frekuensinya yang sama dari kunci immobilizer dan rumah kunci, mesin motor baru bisa dihidupkan," jelasnya.

   Baca Juga: 4 Bagian Motor yang Perlu Diperiksa Saat Berkendara di Musim Hujan

Nah, jadi kalau dilihat secara fisik kunci immobilizer memang terlihat sama dengan kunci biasa. Namun, fiturnya jauh lebih canggih dan membuat sistem pengamanan lebih baik.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id