Karteling Mangkok Kampas Ganda, Bisa Hilangkan Gredek di Motor Matic

Karteling Mangkok Kampas Ganda, Bisa Hilangkan Gredek di Motor Matic

 

Salah satu masalah yang sering timbul di motor matic, khususnya pada bagian komponen CVT adalah timbul gejala gredek. Makanya, saat ini berbagai modifikasi di bagian CVT banyak dilakukan oleh para mekanik.

Cara yang seringkali dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melakukan karteling pada mangkok kampas ganda. Nah, apa itu karteling dan bagaimana fungsinya?

   Baca Juga: BBM Pertalite dan Pertamax Akan Dihapus Seperti Premium

Ivan selaku pemilik YR Custom yang merupakan bengkel spesialis CVT matic menjelaskan karteling adalah metode membuat ulir tapak bagian dalam pada mangkok kampas ganda. Sehingga, permukaannya lebih kasar dengan bantuan mesin bubut.

“Kartel itu membuat permukaan dalam mangkok ganda jadi berulir atau dibuat lebih kasar. Pola ulirnya pun beragam, bisa dibuat silang atau bergaris miring saja,” ucap Ivan saat ditemui OtoRider di Alternatif Cibubur, Bekasi, Jawa Barat.

Apa Sih Karteling Mangkok Kampas Ganda

Tujuan atau fungsi dari karteling mangkok kampas ganda ini ialah untuk meminimalisir gejala slip. Pada saat melakukan karteling juga tidak boleh sembarangan alias ada triknya.

   Baca Juga: Jadwal Buka dan Tutup GIIAS Surabaya 2022, Weekend Lebih Cepat

“Kalau untuk motor harian dan masih menggunakan kampas ganda standar pabrikan, sebaiknya pola kartel dibuat jangan terlalu dalam. Jika pakai kampas ganda standar paling kedalaman polanya dibuat 0,3mm saja,” jelas Ivan.

Sedangkan, untuk pola kartel yang lebih kasar dan dalam, sebaiknya menggunakan kampas ganda berbahan karbon. “Tujuannya agar lebih mengigit dan meminimalisir slip antara kampas ganda dan rumah kampas gandanya. Kemudian, bahan karbon juga tidak akan cepat habis tergerus pola kartel, malahan polanya yang akan terkikis,” terangnya.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id