Bukan Cuma Mesin, 5 Bagian Motor Ini Juga Perlu Dilumasi!

Bukan Cuma Mesin, 5 Bagian Motor Ini Juga Perlu Dilumasi!

 

Perawatan berkala menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan oleh pemilik motor. Hal ini ditujukan agar performa serta usia pakai komponen motor tetap terjaga. Tak melulu ke bengkel, salah satu perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah adalah melumasi beberapa bagian motor.

Selain mesin, pelumasan juga perlu diberikan di sejumlah komponen. Hal tersebut di antaranya bertujuan untuk mencegah karat. Tomy Tambrani selaku Marketing Manager Rexco Indonesia pun memberikan penjelasan lengkap mengenai bagian-bagian motor yang perlu dilumasi.

   Baca Juga: Catat! Syarat untuk Lakukan Test Ride Motor di IIMS Hybrid 2022

Pertama, lubang kunci kontak dan tutup tangki. Menurut Tomy, anak kunci akan mudah seret atau macet jika lubang kunci kontak tidak pernah mendapatkan pelumasan secara berkala. Sesekali lumasi lubang kunci kontak dengan menyemprotkan cairan pelumas. Hal ini akan membuat kunci kontak bisa tetap berfungsi normal. 

Rexco

Namun perlu diingat, jangan memakai oli bekas yang justru bisa mengotori partikel-partikel di dalam kunci kontak. Jangan sekalipun memaksakan kunci kontak saat tiba-tiba macet tak bisa diputar. Sebab, tindakan itu berisiko membuat lubang kunci rusak dan longgar. Hal ini juga berlaku pada tutup tangki yang memakai model anak kunci kontak sebagai pembuka.

Bagian motor berikutnya yang perlu dilumasi adalah standar samping dan tengah. Kondisi standar samping serta tengah yang keras atau macet tersebut bukan disebabkan karena usia pakai. Akan tetapi, hal itu dikarenakan debu dan air hujan yang menjadi karat. 

Kejadian macet atau keras pada standar tengah dan samping bisa dihindari jika pemilik motor rajin memberikan pelumasan. Salah satu pelumas yang bisa digunakan adalah Rexco 50.

Rexco

Perawatan mudah lainnya yang bisa dikerjakan sendiri di rumah adalah merawat rantai. Masalah yang umum ditemukan biasanya rantai mudah kendur dan kering, bahkan sampai berkarat. Karat bisa muncul karena jarang memperhatikan kebersihan rantai, terutama usai digunakan dan terkena kotoran serta air hujan. Rexco 25 menjadi salah satu pelumas rantai yang bisa digunakan.

Keempat, tombol saklar. Agar tombol-tombol di saklar tidak mudah seret dan selalu berfungsi normal, lakukan penyemprotan secara berkala. Semprotkan pelumas ke bagian celah-celah tombol. Kemudian, tombol dipencet secara bergantian agar proses pelumasan bisa maksimal.

   Baca Juga: Honda Hawk 11 2022 Bertampang Cafe Racer Resmi Memulai Debutnya

Bagian yang terakhir adalah pedal rem, pijakan kaki, dan kick starter. Agar kondisi pijakan kaki atau footstep motor awet dan nyaman saat digunakan, perlu secara rutin menyemprotkan cairan pelumas di bagian yang sering bergesekan. 

Begitu juga pada kick starter yang biasanya tuas akan mudah seret. Cara merawatnya dengan melakukan penyemprotan ke sendi kick starter, maka kejadian macet diklaim tidak akan terjadi. Terutama pada bagian pedal rem, jika pedal rem kaki sampai keras atau bahkan macet, maka bisa berbahaya karena akan berpengaruh pada kinerja pengereman yang berhubungan dengan keselamatan saat di jalan.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id