Cara Cek Fitur TCS Yamaha NMax yang Berfungsi Baik, Sudah Tahu?

Cara Cek Fitur TCS Yamaha NMax yang Berfungsi Baik, Sudah Tahu?
Selasa, 22 Februari 2022 06:00
Thio Pahlevi

Yamaha All New NMax Connected/ABS hadir dengan beragam fitur dan teknologi modern. Satu di antara beberapa fitur yang tesedia adalah Traction Control System (TCS). Fitur ini sendiri memiliki fungsi untuk menjaga ban dari kondisi slip saat melintasi jalan licin atau basah.

Sebagai fitur penunjang keselamatan berkendara, pastikan TCS selalu bekerja dengan baik. Lantas, bagaimana cara mengetahui bahwa fitur TCS bekerja dengan sebagaimana mestinya?

   Baca Juga: Daftar Harga Baru Motor Matic Suzuki Februari 2022, Ada Apa Saja?

Muslian selaku Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) pun membagikan beberapa tipsnya. Ia mengatakan terdapat dua cara guna mengetahui fitur TCS berfungsi dengan baik.

Pertama, cek lampu indikator. Jika lampu indikator TCS di layar speedometer terus menyala, maka ada kemungkinan perangkat TCS pada motor mengalami malfungsi atau kerusakan.

Fitur Traction Control TCS Yamaha NMax 155

Pemeriksaan selanjutnya dengan cara mengaktifkan fitur TCS. Kemudian, posisikan motor dengan standar tengah atau main stand lalu mainkan putaran gas. Jika TCS berfungsi normal, saat pemilik motor memainkan putaran gas maka mesin akan brebet atau tersendat. 

   Baca Juga: Pelek All New Vario 160 CBS Bisa Dipasang di Vario 150?

Hal tersebut normal karena ECU mengurangi tenaga mesin. Sehingga, putaran roda belakang berkurang. Sementara, jika TCS mengalami kerusakan, maka mesin tidak akan brebet atau tersendat saat gas dimainkan. Apabila fitur TCS pada motor mengalami malfungsi dengan beberapa indikasi tersebut, sebaiknya segera lakukan pengecekan di bengkel resmi terdekat.

"Perkembangan teknologi otomotif roda dua turut menghadirkan TCS yang kian mendukung aktivitas berkendara. Manfaat fitur keselamatan ini membuat pengguna motor semakin enjoy dalam menjalani kegiatannya karena dapat melewati kondisi jalan yang licin tanpa khawatir ban slip," ujar Muslian.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.